Penerapan Metode Electre Untuk Pemilihan Merek Laptop (Studi Kasus : Mahasiswa Jurusan Matematika Fmipa Universitas Brawijaya)

Febriana, Ariesta Zain (2018) Penerapan Metode Electre Untuk Pemilihan Merek Laptop (Studi Kasus : Mahasiswa Jurusan Matematika Fmipa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Laptop adalah komputer personal yang dapat dipindahkan secara mudah dengan ukuran relatif kecil dan ringan. Laptop sangat dibutuhkan mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah. Untuk menentukan merek laptop yang sesuai dengan keinginan mahasiswa diperlukan kriteria yang mendukung. Pemilihan kriteria dilakukan dengan wawancara kepada mahasiswa. Kriteria – kriteria itu adalah Harga, Sistem Operasi (Operation System) (OS), Hard Disk Drive (HDD), Random Access Memory (RAM), sedangkan penelusuran pada website terkait merek laptop, didapatkan empat alternatif yaitu Asus, Toshiba, Lenovo, Acer. Pada penelitian ini menerapkan metode pemilihan yang dapat mempermudah mahasiswa dalam menentukan merek laptop dengan kualitas yang diinginkan, yaitu metode ELECTRE (Elimination and Choice Expressing Reality). Metode ELECTRE merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menentukan peringkat dan menentukan alternatif terbaik. Hasil perhitungan menggunakan metode ELECTRE diperoleh bahwa merek laptop Acer sebagai merek laptop yang sesuai dengan pilihan mahasiswa berdasarkan kualitas yang diinginkan

English Abstract

Laptop is a personal computer that can be move easily with a relatively small and light weight. Laptop are needed for students to do college assignments. To determine the laptop brand in accordance with the wishes of the students that supports the required criteria. The selection of criteria is done by interviewing the students. Those criteria are Price, Operation System (OS), Hard Disk Drive (HDD), Random Access Memory (RAM) while searches on the website related to the laptop brand got alternatives namely like Asus, Toshiba, Lenovo, Acer. In this research apply the selection method that can ease college students in determining the laptop of brand with the desired quality, that method is ELECTRE (Elimination and Choice Expressing Reality). The ELECTRE method is one of the methods used to rank and determine the best alternative. The result of ELECTRE method is the Acer as laptop brand in accordance with the wishes of the students with the desired quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/321/0512807374
Uncontrolled Keywords: Laptop, Metode ELECTRE, Notebook, ELECTRE Method.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.2 Probabilities
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Jun 2020 01:24
Last Modified: 22 Oct 2021 13:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168523
[thumbnail of Ariesta Zain Febriana.pdf] Text
Ariesta Zain Febriana.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (17kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (7kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item