Kualitas Dan Produksi Semen Pada Bangsa Sapi Dan Individu Yang Berbeda Di Balai Inseminasi Buatan Daerah (BBID) Ungaran

Anggraeni, Riska Eva (2018) Kualitas Dan Produksi Semen Pada Bangsa Sapi Dan Individu Yang Berbeda Di Balai Inseminasi Buatan Daerah (BBID) Ungaran. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan produksi semen pada bangsa sapi dan individu yang berbeda di BIBD Ungaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai kualitas dan produksi semen pada bangsa dan individu yang berbeda di Balai Inseminasi Buatan Ungaran untuk program IB sebagai dasar dalam menentukan kebijakan pemilihan sapi pejantan yang memenuhi syarat untuk pembuatan semen beku. Materi penelitian yang digunakan adalah catatan sekunder dari produksi semen beku yang meliputi kualitas semen dan produksi semen beku yang dihasilkan. Bangsa sapi yang digunakan terdiri dari sapi Simmental 21 ekor, Limousin 8 ekor dan PO 8 ekor. Masing-masing sapi ditampung seminggu dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Catatan produksi semen yang digunakan dalam penelitian ini pada bulan Januari sampai Juli 2014. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah studi kasus dan data yang diambil merupakan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan purposive sampling (secara sengaja). Parameter yang diamati adalah volume semen, motilitas, konsentrasi spermatozoa dan jumlah semen beku. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dan dilakukan uji Duncan apabila terdapat perbedaan variabel yang tidak memiliki hubungan dengan variabel yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan kualitas semen yang terdiri dari volume, pH dan produksi semen beku tidak berpengaruh nyata, sedangkan motilitas dan konsentrasi berpengaruh nyata pada bangsa sapi yang berbeda. Perbedaan dapat terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain berat badan, umur pejantan, sifat genetik, suhu dan musim, frekuensi ejakulasi dan makanan. kualitas semen yang terdiri dari volume, pH, motilitas, konsentrasi dan produksi semen beku tidak berpengaruh nyata antar Individu pada bangsa sapi yang sama. Hal tersebut terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kondisi individu, seperti kualitas organ reproduksi, umur ternak, kondisi manajemen peternakan, jenis pakan yang diberikan, dan bangsa sapi yang digunakan (Komariah, dkk., 2013). Kesimpulan penelitian yang di BIBD Ungaran adalah bangsa sapi menunjukkan kualitas semen yang terdiri dari volume, pH dan produksi semen beku tidak berpengaruh nyata, sedangkan motilitas dan konsentrasi berpengaruh nyata pada bangsa sapi yang berbeda.Sedangkan hasil penelitian kualitas semen yang terdiri dari volume, pH, motilitas, konsentrasi dan produksi semen beku tidak berpengaruh nyata antar Individu pada bangsa sapi yang sama.

English Abstract

The purpose of this research was to determine differences of quality and quantity of semen from diffrerent breed and an individual of bull in BIBD Ungaran, Central Java on February, 2015. The materials used were 21 Simental bulls, 8 Limousin bulls, and 8 PO bulls. The variables observed were production of frozen semen on February to July 2014, the variables were semen volume, pH, motility of semen, dosis, and concentration of semen. Data were analyzed by using Analysis of Variance of Completely Randomized Design (CRD) with different replication and if treatments showed significant differences then it was continued by Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). The result showed that the treatment of different breed did not significantly influenced (P>0,05) the volume, pH, and dosis, but the treatment significantly influenced (P<0,05) the motility and concentration. Whereas the treatment of an individual did not significantly influenced (P>0,05) the volume, pH, motility, dosis, and concentration.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/602/051900631
Uncontrolled Keywords: Semen, motility, frozen semen, Simental, Limousine, PO
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.082 Breeding > 636.082 4 Breeding and reproduction methods
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jul 2019 01:55
Last Modified: 28 Mar 2022 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168363
[thumbnail of 168363-Riska Eva Anggraeni.pdf]
Preview
Text
168363-Riska Eva Anggraeni.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item