Performa Reproduksi Kelinci Persilangan Hyla Dan Hycole Di Kecamatan Bumiaji Kota Batu

Khoiroli, Alfan Nur (2018) Performa Reproduksi Kelinci Persilangan Hyla Dan Hycole Di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelinci adalah salah satu hewan pseudoruminansia yang cukup baik dalam produktivitasnya, pada tahun 2013 pemerintah mengimpor kelinci unggul Hyla dari China dan Hycole dari Perancis untuk dikembangkan di Indonesia sebagai bibit unggul. Pengambangan ini dilakukan oleh Balai Penelitian Ternak dengan cara menyilangkan kedua bibit kelinci unggul tersebut untuk dibudidayakan di seluruh wilayah Indonesia. Informasi tentang penampilan reproduksi kelici persilangan Hyla dan Hycole sangat sedikit. Sehingga untuk mengetahui performa reproduksi dapat diukur dan di evaluasi melalui sifat-sifat berikut ini lama kebuntingan jumlah anak perkelahiran, jarak kawin kelinci, umur lepas sapih, service per conception, dan umur pertama kali kawin. vii Penelitian ini dilaksanakan bulan 28 Januari 2017 sampai 28 Februari 2017 di Azhar Farm. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah kelinci hasil persilangan hycole dan hyla betina dewasa dan betina produktif berumur lebih dari 3 bulan (90 hari), telah dikawinkan/pernah dikawinkan minimal 1 kali sebanyak 20 ekor. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling atau dilakukan dengan cara pengambilan subyek didasarkan atas kriteria tertentu. Pengambilan data primer dan sekunder dilakukan dengan cara pengamatan dan wawancara secara langsung dengan peternak dan pengambilan data dari rekording yang tersedia. Data dianalisis dengan cara mencari rata – rata dan standart deviasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penampilan reproduksi kelinci persilangan Hyla dan Hycole yaitu rata – rata kelinci memiliki umur pertama kali kawin 152,7±16,4 hari. lama kebuntingan 32,25±0,85 hari, jumlah anak per kelahiran dengan rerata 7,75±2,3 ekor, dengan perlakuan jarak kawin kelinci 45,83±14,62 hari, umur lepas sapih yang diperlakukan sama yaitu 35±0 hari, dan servive per conception 1,2±0,41 kali. Rerata ini lebih tinggi daripada rerata induknya yaitu jenis kelinci Hyla dan kelinci Hycole. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa performa reproduksi dari kelinci persilangan Hyla dan Hycole lebih unggul daripada kelinci Hyla dan Hycole dalam jumlah anak perkelahiran, lama bunting dan umur sapih. Pada variable umur pertama kali kawin hasil persilangan ini memiliki nilai rerata dibawah performa induknya. Diperlukan penelitian lebih lanjut tentang performa kelinci persilangan ini pada dataran rendah sehingga nantinya akan didapatkan data yang valid sebagai standar performa reproduksi.

English Abstract

The observation on about the appearance reproductive of Hyla and Hycole crossbreed rabbit in Bumiaji district, Batu city. The aim of this research was to know to know the performance of reproduction can be measured and evaluated through the following characteristics long pregnancy number of birth child, distance of rabbit, weaning age, service per conception, and age of first mating. This research was held in Azhar Farm, Batu City which 20 heads of rabbit. Sampling was done by purposive sampling or done by taking the subject based on certain criteria. Primary and secondary data collection is done by direct observation and interview with breeder and data retrieval from recording available. The results showed that the reproductive appearance of rabbits Hyla and Hycole hybrids is the average rabbit has the age of first mating 152,7 ± 16,4 days. Duration of pregnancy 32,25 ± 0,85 days, number of child per birth with mean of 7,75 ± 2,3 rabbits, with v treatment of rabbit distance 45,83 ± 14,62 day, age of weaning treated equal to 35 ± 0 Day, and service per conception 1.2 ± 0.41 times. This average is higher than the parent mean of Hyla rabbit and Hycole rabbit. The results of this research was indicate that the reproductive performance of Hyla and Hycole crossbreeding rabbits is superior to Hyla and Hycole rabbits.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/608/051901819
Uncontrolled Keywords: Hyla, Hycole, Rabbit, Crossbreed and Performance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.9 Other mammals > 636.932 2 Other mammals (Oryctolagus (Old World rabbit))
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:09
Last Modified: 18 Mar 2022 03:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168279
[thumbnail of 168279-Alfan Nur Khoiroli-2.pdf]
Preview
Text
168279-Alfan Nur Khoiroli-2.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item