Penampilan Reproduksi Ternak Kelinci Angora, Rex dan Fuzzy Lop Di Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu

Qozin, Ahmad Nur (2018) Penampilan Reproduksi Ternak Kelinci Angora, Rex dan Fuzzy Lop Di Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelinci adalah ternak herbivora yang berperut tunggal (monogastric) dan tergolong ruminansia semu (pseudo ruminant). Ternak ini sangat potensial sebagai ternak hias maupun pedaging karena kemampuan reproduksinya yang tinggi. Kendati demikian pengembangbiakan dari ternak ini mengalami kendala salah satunya dari rendahnya penampilan reproduksinya. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana penampilan reproduksi dari ternak kelinci. Penelitian ini dilakukan di Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada tanggal 19 Maret-15 April 2018 dengan tujuan untuk mengetahui penampilan reproduksi ternak kelinci hias di Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu yang meliputi: umur pertama kelinci dikawinkan, Service per Conception, lama bunting, litter size, umur sapih dan frekuensi beranak. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai informasi dan sarana penunjang untuk proses pengembangan kelinci hias di Kota batu terutama Desa Bulukerto agar desa tersebut dapat difungsikan kembali sebagai salah satu desa wisata kelinci. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelinci hias dari jenis Angora, Rex dan Fuzzy Lop dengan masing-masing sebanyak 25 ekor yang berasal dari peternakan kelinci rakyat di Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan pengamatan langsung ke peternak kelinci. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan variable yang diamati adalah penampilan reproduksi kelinci yang terdiri dari: umur pertama betina kawin, service per conception, lama bunting, litter size, umur sapih dan frekuensi beranak dalam satu tahun. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dalam bentuk rata-rata (mean) dan ukuran tendensi sentral (standard deviasi). Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukan bahwa umur pertama kawin kelinci betina adalah 6 bulan, jumlah service per conception antara 1-2 kali, lama kebuntingan 30 hari, litter size 5-7 ekor, disapih pada umur 34-36 hari dan frekuensi beranak dalam setahun adalah 3-4 kali. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penampilaan reproduksi kelinci di Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu masih belum maksimal karena sistem pemeliharaan dan recording masih sederhana. Untuk mendapatkan produksi kelinci yang maksimal, peternak perlu memperbaiki sistem pemeliharaan dan mengetahui secara pasti siklus reproduksinya melalui pencatatan atau recording dengan lebih baik lagi untuk meminimalisir terjadinya inbreeding dan lebih memperpendek jarak beranak dari kelinci agar didapatkan hasil yang lebih baik.

English Abstract

The purpose of this research was to find out reproduction performance of rabbits in Bulukerto Village Bumiaji Sub District Batu City. These factors includes the first age of conception, service per conception, length of pregnancy, litter size, weaning age and frequency of give birth. The materials used in this research were Angora, Rex and Fuzzy lop which each kind 25 rabbits. The methods used were case study and observation to rabbit farmer. The data obtained were analyzed by descriptive. The result showed that the first age of conception was 6 months, number of service per conception was 1-2 times, length of pregnancy was 30 days, litter size was 5-7 head, age of weaning was 34-36 days and frequency of give birth was 3-4 times in a year. The conclusion was the rabbit reproduction performance in Bulukerto village could be improved. It was necessary to improve to the reproduction cycle by good recording, especially to shorten the breeding interval.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/342/051807509
Uncontrolled Keywords: Rabbits, reproduction performance, breeding, Bulukerto village
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.9 Other mammals > 636.932 2 Other mammals (Oryctolagus (Old World rabbit))
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Jul 2019 07:36
Last Modified: 13 Jul 2022 02:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168093
[thumbnail of Ahmad Nur Qozin.pdf] Text
Ahmad Nur Qozin.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item