Pengaruh Atribut terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pengguna Produk iPhone Tipe 5S ke atas pada Mahasiswa/i S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Tahun Ajaran 2017/2018)

Fadhilah, Falah (2018) Pengaruh Atribut terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pengguna Produk iPhone Tipe 5S ke atas pada Mahasiswa/i S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara simultan Atribut Produk yang terdiri dari Kualitas Produk, Fitur Produk, dan Desain Produk terhadap Struktur Keputusan Pembelian, (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial variabel Kualitas Produk terhadap Struktur Keputusan Pembelian, (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial variabel Fitur Produk terhadap Struktur Keputusan Pembelian, (4) mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial variabel Desain Produk terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Metode yang digunakan ialah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam belitian ini meliputi Kualitas Produk, Fitur Produk, Desain Produk dan Struktur Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna Produk iPhone Tipe 5S ke atas pada Mahasiswa/i S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian adalah 115 orang responden dengan karakteristik minimal menggunakan iPhone selama satu tahun dan menggunakan generasi iPhone 5S ke atas. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisa regresi linier berganda. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa Atribut Produk yang terdiri Kualitas Produk, Fitur Produk, dan Desain Produk berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian, secara simultan ataupun parsial. Berdasarkan hasil penelitian ini, ketiga variabel dalam penelitian ini merupakan faktor yang perlu diperhatikan oleh perusahaan karena memiliki pengaruh terhadap Struktur Keputusan Pembelian pada produk iPhone. Namun pada variabel Kualitas Produk berdasarkan hasil penelitian ini memiliki skor rata-rata terendah jika dibandingkan dengan variabel lain. Oleh karena itu Apple Inc diharapkan mampu terus memaksimalkan kualitas pada produknya agar menjadi lebih baik lagi, melihat pada kondisi saat ini banyak pesaing-pesaing bermunculan yang memperhatikan salah satunya yaitu pada kualitas produk.

English Abstract

This research aims to (1) know and explain the influence Attribute Product which consists of Product Quality, Product Feature, and Product Design on Structure of Purchasing Decision, (2) know and explain partially influence of Product Quality variable on Structure of Purchasing Decision, (3) know and explain partially influence of Product Feature variable on Structure of Purchasing Decision, (4) know and explain partially influence of Product Design variable on Structure of Purchasing Decision. The type of research that used in this research is explanatory research. This research method is survey method with quantitative approach. Variables in this study include Product Quality, Product Feature, Product Design, and Structure of Purchasing Decision. The population in this study is User Product iPhone Series 5S and above at Faculty of Administrative Science, Bachelor Degree Business Administration Brawijaya University Major 2017/2018. The sampling technique in this research is nonprobabilistic sampling with purposive sampling technique. The sample of this research is 115 respondents with minimal characteristics using an iPhone for one year and using the iPhone Series 5S and above. Data analysis that used in this research is descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis. Multiple linear regression result show that Attribute Product consisting of Product Quality, Product Feature, and Product Design have significant effect on Structure of Purchasing Decisions. Based on the results of this study, the three variables in this study are factors that need to be considered by the company because it has an influence on the Purchase Decision Structure on iPhone products. But the Product Quality variable based on the results of this study has the lowest average score when compared to other variables. Therefore, Apple Inc. is expected to be able to continue to maximize the quality of its products to be even better, seeing the current conditions many competitors are emerging who pay attention to one of them, namely the quality of the product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1237/051902016
Uncontrolled Keywords: Atribut Produk, Kualitas Produk, Fitur Produk, Desain Produk, .Keputusan Pembelian-Attribute Product, Product Quality, Product Feature, Product ..Design, Purchasing Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 May 2020 07:55
Last Modified: 05 Jul 2022 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167894
[thumbnail of Falah Fadhilah.pdf] Text
Falah Fadhilah.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item