Pengaruh Destination Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar

Farida, Nunung (2018) Pengaruh Destination Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai hubungan antaradestination image dan kualitas pelayanan dengankepuasan pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh destination image dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjungWisata Edukasi Kampung Coklat Blitar baik secara individu maupun bersama-sama. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 121 orang responden yang berkunjung ke Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitaryang sudah berkunjung minimal 1 (satu) kali dan berusia 17tahun ke atas baik berasal dari dalam Kota/Kabupaten Blitar ataupun dari luar Kota/Kabupaten Blitar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil Adjusted R Square sebesar 0,476 atau 47,6%. Artinya bahwa 47,6% variabel kepuasan pengunjung (Y) dipengaruhi oleh variabel destination image (X1) dan kualitas pelayanan (X2) sedangkan sisanya 52,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa variabel destination image berpengaruh signifikan terhadap variabelkepuasan pengunjung, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan t sebesar0,001<α (0,05). Kualitas pelayanan juga berpengaruh signifikan terhadap variabelkepuasan pengunjung, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan t sebesar 0,000 <α (0,05).Berdasarkan hasil uji-F juga dapat diketahui bahwa variabel destination image dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabelkepuasan pengunjung, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan F sebesar 0,000 <α (0,05).Berdasarkan hasil penelitian ini Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar disarankan mempertahankan dan meningkatkan destination image dan kualitas pelayanan, karena dengan adanya peningkatan destination image dan kualitas pelayanan tersebut akan berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pengunjung.

English Abstract

This study discusses the relationship between destination image and service quality with the visitor satisfaction of Kampung Coklat Blitar Education Tourism. This study aims to determine the effect of destination image and quality of service on visitor satisfaction in Kampung Coklat Blitar Education Tourism both individually and together. The type of research used in this study is descriptive research with a quantitative approach. The sample in this study as many as 121 respondents who visited Educational Tourism Kampung Coklat Blitar who had visited at least 1 (one) time and aged 17 years and over both came from within the City / Regency of Blitar or from outside the City / Regency of Blitar. The sampling technique used purposive sampling technique and the method of collecting data using a questionnaire or questionnaire. The data analysis technique in this study is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that based on the analysis of the coefficient of determination obtained the results of Adjusted R Square of 0,476 or 47,6%. This means that 47,6% of visitor satisfaction variables (Y) are influenced by destination image variables (X1) and service quality (X2) while the remaining 52,4% are influenced by other variables not discussed in this study. Based on the results of the t-test shows that the destination image variable has a significant effect on the visitor satisfaction variable, this can be seen from the significant value t of 0,001 < α (0,05). Service quality also has a significant effect on visitor satisfaction variables, this can be seen from the significant value of t of 0,000 < α (0,05). Based on the results of the F-test it can also be seen that the destination image variable and service quality together have a significant effect on the visitor satisfaction variable, this can be seen from the significant F value of 0,000 < α (0,05). Based on the results of this study, Educational Tourism in Kampung Coklat Blitar is recommended to maintain and increase destination image and service quality, because with the increase in destination image and service quality, it will affect the increase in visitor satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1236/051902015
Uncontrolled Keywords: Destination Image, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung-Destination Image, Service Quality, Satisfaction
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Oct 2019 02:41
Last Modified: 05 Jul 2022 06:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167893
[thumbnail of Ahmad Saeful Fajri.pdf] Text
Ahmad Saeful Fajri.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item