Analisis dan Desain Sistem Informasi Pemasaran (Studi Kasus pada Griya Traveler)

Maulana, Zein Ekky (2018) Analisis dan Desain Sistem Informasi Pemasaran (Studi Kasus pada Griya Traveler). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi Web saat ini menjadi salah satu teknologi yang popular. Website saat ini sudah menjadi alat bisnis bagi perusahaan yang dapat memangkas biaya pemasaran karena dapat bekerja pada teknologi internet yang dapat diakses pada beberapa alat termasuk smartphone yang saat ini semakin berkembang. perkembangan teknologi ini terlihat pada dunia bisnis seperti adanya belanja online, pemasaran digital, pemasaran melalui sosial media, dan kurir online. Website juga diterapkan oleh perusahaan untuk media promosi pada saat ini, tetapi masih ada perusahaan yang masih belum menerapkan teknologi website dalam mendukung aktivitas promosinya salah satunya adalah Griya traveler. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui gambaran sistem informasi saati ini pada Griya Traveler; (2) Mendesain sistem informasi pemasaran berbasis website untuk kegiatan promosi pada Griya Travaeler. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan action research. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada Griya Traveler, Sistem informasi pemasaran yang diterapkan pada Griya Traveler saat ini masih belum maksimal yaitu masih dari mulut ke mulut yang berupa rekomendasi dari teman dan brosur yang bertujuan pelanggan dapat melihat produk yang diinginkannya atau melalui social media seperti facebook, Instagram dan melihat melalui brosur, seperti yang diungkapkan pemilik. Berdasarkan kelemahan tersebut, desain sistem informasi pemasaran untuk promosi berbasis website yang dapat dimplementasikan untuk mengatasi kelemahan pemasaran saat ini.

English Abstract

Web technology is now one of the most popular technologies. Today's website has become a business tool for companies that could cut marketing costs because it could work on internet technology which can be accessed on several tools including smartphones that are currently growing. These technological developments are seen in the business world such as online shopping, digital marketing, social media marketing, and online courier. The website is also applied by the company for the media campaign at this time, but there are still companies that still have not implemented website technology in support of promotional activities. One of them is Griya traveler. The purpose of this study is to (1) Know the description of this information system at Griya Traveler; (2) Design a website-based marketing information system for promotional activities on Griya Traveler. This research uses qualitative research with action research approach. Sources of data used in this study are primary data and secondary data obtained by using the method of observation, interview, and documentation. The results of research on Griya Traveler, marketing information system applied to Griya Traveler is still not maximal. It is still from mouth to mouth in the form of recommendations from friends and brochures aimed at customers to see the product they want or through social media like facebook, Instagram and view through brochures, as the owner discloses. Based on these weaknesses, the design of marketing information systems for website-based promotions could be implemented to address the current marketing weaknesses.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1411/051902005
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:53
Last Modified: 12 Jan 2021 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167885
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item