Analisis Fundamental Dalam Menilai Kewajaran Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor BUMN Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2014-2016)

Dewandharu, Bagus Ginanjar (2018) Analisis Fundamental Dalam Menilai Kewajaran Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor BUMN Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2014-2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel fundamental dan menilai kewajaran harga saham perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Data yang digunakan berupa laporan keuangan periode 2014 sampai dengan 2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan di Pojok BEI Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analsis fundamental dengan pendekatan PER menunjukkan bahwa saham ADHI, BBRI, BMRI, PTBA, WIKA dan WSKT berada dalam kondisi Undervalued atau harga saham dinilai murah sehingga keputusan investasi yang tepat berdasarkan analisis fundamental dengan pendekatan PER adalah membeli atau menaham saham perusahaan yang bersangkutan jika sudah dimiliki saham dengan harapan akan mengalami kenaikan di periode dan waktu yang lain. Sedangkan BBNI, BBTN, WIKA dan WSKT dalam kondisi Overvalued atau harga saham dinilai mahal sehingga keputusan investasi yang tepat berdasarkan analisis fundamental dengan pendekatan PER adalah menjual saham. Analisis ini berdasarkan kondisi pada perusahaan yang bersifar keuangan dengan perhatian variabel fundamental perusahaan yang terkait adalah rasio-rasio keuangan EPS, DPS, ROE, DPR, PER dan Harga Saham. Analisis ini sangat penting karena dengan hasi analisis yang akurat diharapkan dapat mengurangi risiko kerugian yang mungkin terjadi. Dari beberapa sampel yang telah ditentukan dalam penelitian, maka saham-saham yang baik untuk dipilih sebagai tempat investasi adalah saham yang berada dalam kondisi undervalued, yaitu ADHI, BBRI, BMRI, PTBA, WIKA dan WSKT.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1229/051902010
Uncontrolled Keywords: Analisis Fundamental, Kewajaran Harga Saham, Pendekatan PER.
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:09
Last Modified: 04 Nov 2019 07:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167875
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item