Karakteristik dan Faktor Risiko Keterlambatan Bicara dan Bahasa pada Anak Usia 24 – 36 Bulan

Adani, Asrini Kaninta (2018) Karakteristik dan Faktor Risiko Keterlambatan Bicara dan Bahasa pada Anak Usia 24 – 36 Bulan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keterlambatan bicara dan bahasa adalah salah satu dari banyaknya penyebab gangguan perkembangan yang sering ditemukan pada anak. Gangguan perkembangan ini sering dikhawatiran oleh orang tua dan dikeluhkan kepada dokter. Keterlambatan bicara dan bahasa pada anak dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal seorang anak. Faktor internal yang dapat mempengaruhi antara lain: sulit makan, gejala alergi, gangguan sensoris, dan gangguan oralmotor. Faktor eksternal yang dapat mempengaruhi antara lain: penggunaan bahasa sehari-hari, intensitas penggunaan gadget dan multimedia, pendampingan saat menggunakan gadget dan multimedia, dan interaksi yang dilakukan pada saat anak menggunakan gadget dan multimedia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik dan faktor risiko dominan apa saja yang berpangaruh terhadap keterlambatan bicara dan bahasa pada anak usia 24 – 36 bulan di Puskesmas di Kota Malang dengan menggunakan tes pemeriksaan perkembangan Clinical Linguistic & Auditory Milestone Scale (CLAMS). Desain penelitian ini adalah analitik observasional yang dilakukan di Kota Malang. Data diperoleh melalui kuesioner dan hasil pemeriksaan CLAMS pada bulan April 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan hubungan yang signifikan antara sulit makan, gangguan oral-motor, gejala alergi, gangguan sensoris, penggunaan bahasa sehari-hari, usia awal pengenalan gadget dan multimedia, durasi bermain gadget dan multimedia, pendampingan saat bermain gadget dan multimedia, dan interaksi saat bermain gadget dan multimedia. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa terdapat karakteristik dominan pada anak dengan keterlambatan bicara dan bahasa usia 24 – 36 bulan, khususnya adalah perempuan, terjadi pada anak usia 31 bulan, lahir aterm, non-BBLR, gizi baik, ayah dengan pendidikan tinggi, bekerja dengan pendapatan sedang, ibu dengan pendidikan tinggi, tidak bekerja, dan pendapatan rendah, tidak menggunakan pengasuh, terjadi pada sosio-ekonomi rendah, dan dengan pola asuh demokratis.

English Abstract

Delayed speech and language are one of many causes of developmental disorder that often found in children and most often feared by parents. Delayed speech and language in children affected by internal and external factors of a child. Internal factors are self-derived factors such as fussy eating, allergy symptoms, sensory disorders, and oral-motor disorders. While external factors which comes from the use of everyday language, the use of gadgets and multimedia, accompaniment when using gadgets and multimedia, and the interaction between the child and the caregiver when uses gadgets and multimedia. The purpose of this study is to determine characteristics and risk factors of delayed speech and language in 24-36 months children in Malang City by using screening tests for the development of Clinical Linguistic & Auditory Milestone Scale (CLAMS). The design of this study is observational analytics conducted in Malang. Data were obtained through questionnaires and screening results of CLAMS in April 2018. The results of this study indicate that there is a significant relationship between fussy eating, oral-motor disorders, sensory disorders, language use, early introduction, duration of play, accompaniment when play, and interaction when playing gadgets and multimedia. The other results of this study indicate that there are dominant characteristics in children with delayed speech, particularly girls, occurring in 31 months of age, aterm, normal birth weight, good nutrition, father with higher education who works with moderate income, mothers with higher education who unemployed and has lower income, did not use caregivers, occur in low socio-economic, and with democratic parenting.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/86/051804081
Uncontrolled Keywords: Clinical Linguistic & Auditory Milestone Scale (CLAMS), keterlambatan bicara dan bahasa, karakteristik, faktor risiko, Clinical Linguistic & Auditory Milestone Scale (CLAMS), delayed speech and language, characteristic, risk factors
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.9 Pediatrics and geriatrics > 618.92 Pediatrics / Infants--Care / Infants--Development > 618.928 55 Speech disorders in children
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 May 2020 06:03
Last Modified: 21 Oct 2021 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167833
[thumbnail of Asrini Kaninta Adani.pdf]
Preview
Text
Asrini Kaninta Adani.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item