Pengaruh Penggunaan Aplikasi Resustasi Jantung Paru Terhadap Pengetahuan Penatalaksanaan Henti Jantung Pada Siswa SMA Negeri 8 Kota Malang.

Wibowo, Wahyu Dwi Ari (2018) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Resustasi Jantung Paru Terhadap Pengetahuan Penatalaksanaan Henti Jantung Pada Siswa SMA Negeri 8 Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kejadian henti jantung di luar rumah sakit (HJLRS) salah satu penyebab kematian utama di dunia. Ini mendasari pentingnya peningkatan pengetahuan terkait penatalaksanaan HJLRS untuk semua orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pelatihan RJP terhadap pengetahuan penatalaksanaan HJLRS. Desain penelitian True Eksperimental dan pendekatan pre dan post test control group design. Sampel penelitian 60 siswa SMAN 8 Kota Malang. Data dikumpulkan dengan kuesioner pengetahuan. Hasil uji One Way Anova, p = 0.001 (p < 0.05), dilanjutkan uji Post Hoc Benforoni didapatkan ada perbedaan pengetahuan antara kelompok metode simulasi dan aplikasi MABAR p = 0.013 (p < 0.05), terdapat perbedaan pengetahuan antara kelompok metode simulasi dengan kombinasi metode simulasi & aplikasi MABAR p = 0.001 (p < 0.05), dan tidak ada perbedaan pengetahuan antara kelompok aplikasi MABAR dengan kombinasi metode simulasi & aplikasi MABAR p = 0.914 (p < 0.05). Masing-masing metode memiliki pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan antara sebelum dan sesudah pelatihan. Metode yang paling efektif adalah aplikasi MABAR. Aplikasi MABAR dapat menjadi aplikasi pelatihan RJP untuk orang awam. Kegiatan pelatihan RJP dapat direkomendasikan ke dalam kegiatan tahunan siswa sekolah menangah atas (SMA). Untuk peneiti selanjutnya diharapkan dapat mengukur retensi pengetahuan penatalaksanaan HJLRS, dengan menggunakan metode aplikasi MABAR.

English Abstract

Out of hospital cardiac arrest (OHCA) is one of major contributor to mortality in the world. It is important to encourage knowledge of cardiac arrest management for everyone. This study aim to find out effect of training methods on student’s knowledge of cardiac arrest management. Design of this study is True Experimental research with pre and post test control group design. Data collected with questionnaire. Result of analyze with One-way Anova is p= 0.001 (p < 0.05), and then continous with Post Hoc Benforoni test, got the result there is a difference in knowledge between the simulation method and the MABAR application method, p = 0.013 (p <0.05), there is a difference in knowledge between the simulation method with a combination method of simulation & MABAR application, p = 0.001 (p <0.05), and there is no differences knowledge between MABAR application method with a combination method of simulation & MABAR application, p = 0.914 (p <0.05). all of method’s have an influence on increasing knowledge before and after training CPR. The most effective CPR training method is MABAR application. MABAR application can be one of CPR training method for lay person. High school students recommended to get CPR training. For future research, be expected to measure the retention of cardiac arrest management knowledge for lay person by using MABAR application method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/528/051900990
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, RJP, Pengetahuan / Application, CPR, Knowledge
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.1 Diseases of cardiovascular system > 616.102 5 CPR (First aid) > 616.102 507 CPR (First aid)--Study and teaching
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 May 2020 08:29
Last Modified: 22 May 2020 08:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167762
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item