Irgananda, Trishinta Melati (2018) Efektivitas Video Pembelajaran Melalui Media Sosial Line Terhadap Nilai Skill’s Lab Prostodonsia Mahasiwa Tahap Sarjana. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Skill’s Lab merupakan salah satu metode untuk melatih keterampilan klinis mahasiswa kedokteran gigi. Untuk melatih keterampilan klinis, mahasiswa harus mengetahui ilmu dan cara melakukan suatu prosedur klinis. Oleh karena itu, mahasiswa kedokteran gigi memerlukan sebuah demonstrasi agar dapat memvisualisasikan prosedur kerja yang tertulis dalam buku panduan. Demonstrasi dapat berupa sebuah video. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas video pembelajaran melalui media sosial line dengan mengidentifikasi nilai skill’s lab prostodonsia sebelum dan setelah diberikan video pembelajaran melalui media sosial line. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimental dengan one-group pretest-posttest. Jumlah sampel eksperimen sebanyak 246 mahasiswa. Rata – rata nilai skill’s lab kelompok eksperimen sebelum diberikan video pembelajaran yaitu 71,02. Sedangkan rata – rata nilai skill’s lab kelompok sampel setelah diberikan video pembelajaran yaitu 81,28. Analisis data yang digunakan Wilcoxon Sign Rank test untuk mengetahui perbedaan rata – rata antar dua sampel yang sama. Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai skill’s lab prostodonsia sebelum dan sesudah diberikan video pembelajaran. Untuk memperkuat kesimpulan penelitian dilakukan uji Mann-Whitney test untuk melihat perbedaan nilai pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.
English Abstract
Skill’s Lab is one method for practicing the clinical skills of dental students. To train students' clinical skills, students must know the science and how to do a clinical procedure. Therefore, dental students need a demonstration in order to visualize the work procedures written in the guidebook. Demonstrations can be through a video. This study aims to evaluate the effectiveness of learning videos through social media line by identifying the value of prosthodontics lab skills before and after given learning videos through social media line. The research design used was quasiexperimental research with one-group pretest-posttest. The number of experimental samples was 246 students. The average score of the lab skills of the experimental group before being given a learning video is 71.02. While the average value of the lab skill's sample group after being given a learning video is 81.28. Data analysis used Wilcoxon Sign Rank test to find out the difference in mean between the same two samples. There was a significant difference between the value of prosthodontics lab skills before and after being given a learning video. To strengthen the research conclusions, the Mann- Whitney test was conducted to see differences in values in the experimental group and the control group. So that there are significant differences in values between the experimental group and the control group.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FKG/2018/81/051900430 |
Uncontrolled Keywords: | Skill’s lab, Demonstrasi, Video, Media Sosial, Nilai Skill’s Lab Skill’s lab, Demonstrations, Video, Social Media, Value of Skill’s Lab |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 21 May 2020 07:41 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 14:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167725 |
Preview |
Text
Trishinta Melati Irgananda (4).pdf Download (19MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |