Ashemy, Shabrina Anissizi (2018) Hubungan Antara Pengerjaan Logbook Dengan Nilai Ujian Blok Mahasiswa FKG UB Angkatan 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Logbook merupakan sebuah buku catatan terstruktur, yang terdiri dari kompetensi dan kontrak belajar. Logbook ini digunakan pada hampir seluruh mahasiswa di rumpun kesehatan. Beberapa institusi pendidikan menggunakan logbook sebagai sistem untuk mendeteksi atau menilai perilaku. Akan tetapi dalam penggunannya tidak lengkapnya logbook, serta tidak digunakannya logbook sesuai dengan tujuan pembelajaran, menyebabkan fungsi logbook untuk menambah pemahaman mahasiswa menjadi tidak dapat tercapai. Salah satu indikator pemahaman mahasiswa adalah melalui ujian blok atau ujian PBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengerjaan logbook dengan hasil nilai ujian blok pada Mahasiswa FKG UB angkatan 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 70 orang mahasiswa FKG UB angkatan 2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dari hasil kuesioner, serta data sekunder yang diambil dari dokumentasi hasil nilai ujian blok (blok 7 dan blok 10) dan dokumentasi logbook mahasiswa FKG UB. Dari panelitian ini didapatkan bahwa dalam pengerjaan logbook mahasiswa FKG UB angkatan 2015 lebih dominan masuk dalam kategori pengerjaan logbook yang sudah cukup efektif. Uji korelasi Spearman menunjukkan adanya hubungan yang cukup signifikan dengan arah positif antara pengerjaan logbook yang efektif dengan nilai ujian blok. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara efektivitas pengerjaan logbook terhadap nilai ujian blok.
English Abstract
Logbook is a structured notebook that contains competencies and learning contracts. This logbook is used by almostall students in health faculty. Some educational institutions used logbook as a system to detect or assess behavior. However, in its use, incompletion of logbook and unsuitable use of logbook with learning objectives causing the logbook function for increasing the students’ understanding was not achieved. One indicator of student understanding is through the block exam or PBL exam. The objectives of the exam is to determine the correlation between the effectiveness of logbook towards the result of the FKG UB students’ block exam.This study uses a cross-sectional approach. The number of sample is 70 students from FKG UB’15 students. The data used in this study contains primary data from the result of questionnaire, and secondary data from the result of block exam (block 7 and block 10) and FKG UB students’ logbook documentation. From this study, it was found that the logbook work of FKG UB’15 students was quite effective. Spearman correlation showed that there is a significant correlation between the effectiveness of logbook work and block exam scores. Based on this study, it can be concluded that there is an influence between the effectiveness of logbook work on block exam scores.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FKG/2018/73/051900422 |
Uncontrolled Keywords: | Logbook, Nilai Ujian Blok,Pengerjaan Logbook Logbook, Block exam result, Logbook work |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 08 May 2020 08:02 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 11:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167707 |
Preview |
Text
Shabrina Anissizi Ashemy (4).pdf Download (14MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |