Pengaruh Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Metode Mobile Application terhadap Pengetahuan, Keterampilan, dan Behavioral Intention Menjadi Bystander Pada Polisi Lalu Lintas di Malang.

Alfahrozi, Muhammad Cholid (2018) Pengaruh Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Metode Mobile Application terhadap Pengetahuan, Keterampilan, dan Behavioral Intention Menjadi Bystander Pada Polisi Lalu Lintas di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelatihan BHD dengan teknologi berbasis aplikasi seluler banyak direkomendasikan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan intensi seseorang untuk menjadi bystander selain dengan metode simulasi yang sudah diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pelatihan BHD aplikasi seluler terhadap pengetahuan, keterampilan, dan niat berperilaku menjadi bystander pada anggota polisi lalu lintas di Malang. Desain dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan pendekatan pretest and posttest nonequivalent control group. Responden penelitian ini adalah anggota Polisi Lalu Lintas di Kota Malang yang berjumlah 48 orang, ditentukan dengan metode pusrposive sampling, dan dibagi menjadi tiga kelompok, antara lain kelompok simulasi, kelompok aplikasi seluler, dan kelompok simulasi & aplikasi seluler. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan lembar observasi. Analisa data menggunakan uji dependent t-test dan one way anova. Hasil dependent t-test menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada kelompok simulasi, aplikasi seluler, dan simulasi & aplikasi seluler terhadap pengetahuan, keterampilan, dan niat berperilaku yang ditunjukkan dengan nilai p value < 0,05. Hasil uji one way anova didapatkan ada perbedaan yang signifikan pada variabel pengetahuan antara ketiga kelompok (p=0,036). Pada variabel keterampilan terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok (p=0,004). Pada variabel niat berperilaku didapatkan perbedaan yang signifikan dari ketiga metode tersebut (p=0,000). Kelompok kombinasi simulasi & aplikasi seluler memiliki pengaruh lebih besar terhadap pengetahuan (mean=6,75 (SD=1,342)), keterampilan (mean =4,38 (SD=1,204)), dan niat berperilaku (mean =52,38 (SD=4,048)) dibandingkan kelompok lainnya. Kesimpulan: ketiga metode memiliki pengaruh dalam meningkatkan pengetahua, keterampilan dan niat berperilaku, dan ada perbedaan besar pengaruh diantara ketiganya. Metode yang paling berpengaruh adalah metode kombinasi. Saran: pelatihan dengan metode aplikasi seluler bisa menjadi tambahan dari metode yang sudah ada untuk meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan niat berperilaku menjadi penolong pertama (bystander)

English Abstract

BLS training with technology based mobile application is recommended to incrase knowledge, skills, dan intention of person to act be bystander cardiac arrest beside simulation training in common. The purpose of this study is to analyze the effect of BHD training using mobile application for knowledge, skills, and behavioral intention to be bystander cardiac arrest among traffic policeman in Malang. This research was a quasi experimental study used pretest and posttest nonequivalent control group. Respondents were 48 recuited by using purposive sampling which divided into three research grops: simulation, mobile application, simulation & mobile application. The data collected by using questionnaire and observation and analyzed using dependent t test and one way anova test. The result of dependent t test test showed that simulation, mobile application, and simulation & mobile application group had significant effect for increasing knowledge, skills, and behavioral intention with p value < 0,05. The result of one way anova test showed there was significant different between three group, and simulation & mobile application group gave greater effect on knowledge (mean =6,75 (SD=1,342)), skills (mean =4,38 (SD=1,204)), and behavioral intention (M=52,38 (SD=4,048)). Conclusion: all method on this research had significant e mean fect for improve knowledge, skill, and behavioral intention, and there were different among three method. The simulation & mobile application group had greater effect than the other method. Suggest: BHD training using technologi such as mobile application colud be addition for increase knowledge, skill, and behavioral intention

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/464/051900043
Uncontrolled Keywords: Pelatihan BHD, Aplikasi seluler, simulasi / BHD Training, mobile application, simulation
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.1 Diseases of cardiovascular system > 616.102 5 CPR (First aid) > 616.102 507 CPR (First aid)--Study and teaching
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 May 2020 07:38
Last Modified: 23 May 2020 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167636
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item