Hubungan Antara Motivasi, Efek Samping Obat Dan Tingkat Ekonomi Pasien Dengan Kepatuhan Minum Obat Anti Tb Paru Di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo Dan Puskesmas Janti

Subchaan (2018) Hubungan Antara Motivasi, Efek Samping Obat Dan Tingkat Ekonomi Pasien Dengan Kepatuhan Minum Obat Anti Tb Paru Di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo Dan Puskesmas Janti. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Prevalensi TB paru meningkat dari tahun ketahun di Indonesia. Kepatuhan minum obat penting didalam mmenentukan keberhasilan manajemen TB paru. Faktor motivasi, efek samping dan tingkat ekonomi diduga berperan dalam menentukan kepatuhan pasien. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara motivasi, efek samping dan tingkat ekonomi dengan kepatuhan minum obat anti TB paru. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang diambil berjumlah 42 orang yang menjalani pengobatan tahap lanjutan di puskesmas Dinoyo dan Puskesmas Janti. Uji statistik yang digunakan chi square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara motivasi (nilai p= 0,003), efek samping (nilai p= 0,028) dengan kepatuhan minum obat TB paru dan variabel yang tidak ada hubungan dengan kepatuhan minum obat TB Paru adalah variabel tingkat ekonomi (nilai p= 0,367). Kesimpulan penelitian ini adalah kerja sama dan pengawasan antar sektor yang terkait dapat memberikan dukungan yang kuat kepada pasien selama menjalani pengobatan TB paru.

English Abstract

The prevalence of pulmonary TB increases from year to year in Indonesia. Compliance with taking medication is important in determining the success of pulmonary TB management. Motivational factors, side effects and economic levels are thought to play a role in determining patient compliance. Therefore, this study was conducted to determine the relationship between motivation, side effects and economic level with adherence to taking anti-pulmonary TB drugs. This study used an observational analytic design with a cross sectional approach. The samples taken were 42 people who underwent advanced treatment at Dinoyo Health Center and Janti Health Center. The statistical test used by chi square. The results showed a correlation between motivation (p value = 0.003), side effects (p value = 0.028) with adherence to taking pulmonary TB drugs and variables that were not related to medication adherence to pulmonary TB were economic level variables (p value = 0.367) . The conclusion of this study is that cooperation and supervision among related sectors can provide strong support to patients while undergoing pulmonary TB treatment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/450/051900029
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan minum obat TB paru / Adherence to taking pulmonary TB medication
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.6 Methods of administering drugs
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 May 2020 04:45
Last Modified: 04 Aug 2020 04:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167572
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item