Lukitasari, Widya (2018) Hubungan antara Tingkat Pengetahuan dengan Ketepatan Pemilihan Produk Kosmetik Pemutih Kulit pada Mahasiswi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dewasa ini, masyarakat menggunakan kosmetik untuk meningkatkan kepercayaan diri dan memelihara tubuh. Selain itu, salah satu standar kecantikan wanita Indonesia adalah memiliki kulit yang putih dan halus. Hal ini menyebabkan banyaknya produk kosmetik pemutih kulit yang beredar di pasaran. Tingkat pengetahuan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi ketepatan pemilihan produk kosmetik pemutih kulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan ketepatan pemilihan produk kosmetik pemutih kulit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden berdasarkan kriteria inklusi. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode consecutive sampling di kawasan kampus Universitas Brawijaya Malang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang berisi data demografi, ketepatan pemilihan kosmetik pemutih kulit, dan tingkat pengetahuan. Uji korelasi Spearman menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,003 dan nilai signifikansi sebesar 0,975. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hubungan antara tingkat pengetahuan dan ketepatan pemilihan produk kosmetik pemutih kulit sangat lemah dan tidak signifikan.
English Abstract
Nowadays, people like to use cosmetic to improve their confidence and take care of their body. Moreover, one of Indonesian women’s beauty standards is having a fair white skin. This thing causes a lot of skin whitening products in beauty market. Knowledge level is one of the factors that influence the accuracy of selection of skin whitening products. The objective of this research is to determine the correlation between the level of knowledge and accuracy of skin whitening products selection. The research method is observational analytic with cross sectional design. The amount of sample needed was 100 respondents based on inclusion criteria. Sample was taken with consecutive sampling method and was done in University of Brawijaya Malang campus area. The instrument used was questionnaire which contained demographic data, selection of skin whitening products, and knowledge level. The correlation test that was used is Spearman test. The correlation coefficient and significancy obtained were 0,003 and 0,975. Based on the research’s result, it can be concluded that correlation between the level of knowledge and accuracy of skin whitening products selection is very weak and not signficant.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2018/326/051808224 |
Uncontrolled Keywords: | tingkat pengetahuan, ketepatan, pemilihan, produk kosmetik pemutih kulit-knowledge level, selection, accuracy, skin whitening product |
Subjects: | 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.1 Public safety programs > 363.19 Product hazards |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 01 Nov 2019 08:40 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167476 |
Preview |
Text
Widya Lukitasari (2).pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |