Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Menjalani Terapi Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik dengan Hemodialisa di RS Tk.II dr.Soepraoen Malang.

Maisaroh, Ayudya Siti (2018) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Menjalani Terapi Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik dengan Hemodialisa di RS Tk.II dr.Soepraoen Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gagal ginjal kronik merupakan penyakit yang menyebabkan fungsi ginjal mengalami penurunan fungsi yang optimal sehingga mengakibatkan fungsinya tidak bekerja dengan baik. Penyakit gagal ginjal kronik memerlukan terapi agar tidak memperparah kondisinya. Terapi untuk pasien gagal ginjal kronik yang bisa dilakukan diantaranya adalah hemodialisa, obat, kontrol diet dan asupan cairan yang dianjurkan oleh petugas kesehatan. Agar penderita gagal ginjal kronik dapat patuh terhadap terapi yang dianjurkan tersebut dibutuhkan peran serta dari keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan menjalani terapi pada pasien gagal ginjal kronik dengan hemodialisa di unit hemodialisa RS Tk.II dr. Soepraoen Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang dipilih menggunakan teknik nonprobability sampling secara purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 73 orang. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah dukungan keluarga dan kepatuhan menjalani terapi pada pasien gagal ginjal kronik dengan hemodialisa. Uji statistik yang digunakan adalah korelasi Spearman dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil analisa bivariat menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara hubungan keluarga dengan kepatuhan menjalani terapi pada pasien gagal ginjal kronik dengan hemodialisa (p=0,000), dengan kekuatan korelasi sebesar 0,700. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan pasien gagal ginjal kronik dengan hemodialisa dalam menjalani terapi.

English Abstract

Chronic kidney failure is a disease that causes optimal function of the kidneys function so that the function does not work properly.xChronic kidney failure requires long and continuous treatment, one which is hemodialysis, so that patients with chronic kidney failure can follow the treatment and need family support.xThis research is purposed to know the relationship between family support and adherence to undergoing hemodialysis in patients with chronic kidney failure in the hemodialysis unit at dr. Soepraoen hospital Malang.xThe research is designed a correlation study with a cross sectional approach. The sample chosen used nonprobability sampling technique purposive sampling with a sample size of 73 people. The variable measured in this study were family support and adherence to undergoing hemodialysis. The statistical test used Spearman correlation with a confidence level of 95%. The result of bivariate analysis showed a significant relationship between family relations and adherence to undergoing hemodialysis in patients with chronic renal failure (p = 0,000), with a correlation strength of 0.700. The conclusion of this study is that the higher the family support given by the family, the higher the compliance of patients with chronic kidney failure in undergoing hemodialysis.x

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/399/051811823
Uncontrolled Keywords: Dukungan keluarga, Hemodialisa, Kepatuhan, Gagal ginjal kronik./ Family support, Hemodialysis, Compliance with , patients with chronic renal failure, terapi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.5 Therapeutics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:56
Last Modified: 30 Dec 2020 01:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167383
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item