Pengaruh Expressive Art Therapy terhadap Regresi Anak Usia Prasekola (3-5 tahun) yang Mengalami Hospitalisasi di Rumah Sakit

Widyawati, Kris (2018) Pengaruh Expressive Art Therapy terhadap Regresi Anak Usia Prasekola (3-5 tahun) yang Mengalami Hospitalisasi di Rumah Sakit. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Regresi merupakan salah satu respon yang terjadi akibat adanya stressor saat menjalani hospitalisasi. Expressive art therapy adalah terapi yang bermanfaat untuk menurunkan kecemasan, ketakutan dan stress pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh expressive art therapy terhadap regresi anak usia prasekolah yang mengalamani hospitalisasi di rumah sakit. Desain penelitian ini adalah Quasi-experimental : pre post test control group design. Terdapat 32 sample anak prasekolah yang dipilih berdasarkan teknik purpossive sampling yang dibagi menjadi 2 kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan mean saat pre-test dan post-test pada kelompok kontrol sebesar 65,375 dan 60,125. Hasil uji paired t-test pada kelompok kontrol menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test pada kelompok kontrol dimana didapatkan nilai p sebesar 0,412 atau (p>0,05). Pada kelompok intervensi didapatkan mean pada pretest dan posttest sebesar 59,875 dan 51,875. Hasil uji paired t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test pada kelompok intervensi dimana didapatkan nilai p sebesar 0,000 atau (p<0,05). Hasil uji independent t-test pada selisih nilai pre-test dan post-test pada kedua kelompok adalah p = 0,019 atau p<0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh expressive art therapy terhadapregresi anak usia prasekolah (3-5 tahun) yang mengalami hospitalisasi di rumah sakit. Hal ini dapat dijadikan sebagai dasar penerapan terapi ini sebagai terapi keperawatan untuk mengurangi regresi pada anak yang mengalami hospitalisasi.

English Abstract

Regression is one of the respond caused a stressor during hospitalization. Expressive art therapy is helpful to reduce anxiety, fear and stress in children. This study aims to determine the influence of expressive art therapy towards the regression of preschooler that experiencing hospitalization in hospital. The design of this research is Quasi-experimental: pre post test control group design. There is 32 respondents preschooler children selected by purposive sampling tecnique which divided into 2 groups. The results of this study showed that mean of score pre-test and post-test of the control group are 65,375 and 60,125. The result of paired t-test there were no significant differences between pre-test and post-test result in the paired t-test of the control group which p value 0,412 or (p> 0.05). The result of intervention group showed the mean of pre-test and post-test are 59,875 and 51,875. The result of the paired t-test of intervention group showed a different significant result between pre-test and post-test which p value was 0,000 or (p <0.05). The independent t-test difference between pre-test and post-test in both of the group was p valau 0,019 or p <0.05. The conclusion of this research showed that the expressive art therapy have impact on the regression of preschooler (3-5 years) that hospitalized. It is Suggested that this intervenstion could be applied as a nursing intervention to reduce regression in hospitalized children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/158/051805399
Uncontrolled Keywords: prasekolah, hospitalisasi, regresi, expressive art therapy / preschool, hospitalization, regression, expressive art therapy
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.5 Therapeutics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Nov 2019 06:57
Last Modified: 18 Nov 2019 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167247
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item