Analisis SWOT dengan Konsep Strategi Sun Tzu dalam Penentuan Strategi Pemasaran UKM IFFA Batik

Ali, Muhammad Fakhri (2017) Analisis SWOT dengan Konsep Strategi Sun Tzu dalam Penentuan Strategi Pemasaran UKM IFFA Batik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UKM IFFA Batik di Pekalongan mengalami fluktuasi penjualan pada tahun 2013 – 2015 yang cenderung menurun, padahal data dari Kementerian Koperasi dan UKM juga Kementerian Perindustrian pada tahun 2015 menunjukkan peningkatan yang konsisten dan signifikan pada aspek jumlah unit usaha, tenaga kerja, ekspor non migas, dan investasi industri batik pada beberapa tahun terakhir. Hal ini tentu saja dipicu oleh beberapa hal, salah satunya adalah semakin bertambahnya kompetitor IFFA Batik yang menempati sentra batik yang sama sebagai lokasi penjualan yaitu Pasar Grosir Setono Pekalongan, sehingga perlu dilakukan evaluasi pada strategi pemasaran IFFA Batik dengan mempertimbangkan kondisi internal dan eksternalnya. Pada tahap awal, dilakukan studi pasar untuk mengetahui kondisi pasar saat ini dan keinginan pelanggan dengan menyebar kuesioner studi pasar kepada pengunjung yang berbelanja di Pasar Grosir Setono Pekalongan sebagai respondennya. Setelah itu, dilakukan analisis kluster hierarki berdasarkan kemiripan karakter masing – masing responden. Metode penyusunan poin – poin kondisi internal dan eksternal IFFA Batik yang digunakan pada penelitian ini adalah Sun Tzu’s Five Key Elements dengan cara menyebar kuesioner kepada pengunjung yang berbelanja di Pasar Grosir Setono Pekalongan dan pihak manajemen IFFA Batik sehingga didapatkan rating dan bobot pada masing – masing variabel five key elements tersebut. Lalu berdasarkan rating dan bobot masing – masing variabel tersebut, dilakukan analisis SWOT untuk mengklasifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman IFFA Batik dan pada tahap terakhir digunakan Sun Tzu’s Stratagems sebagai metode perumusan strategi pemasarannya sehingga dihasilkan strategi yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal IFFA Batik dengan mempertimbangkan karakeristik pasar dan keinginan pelanggan yang ada. Pada tahap studi pasar, didapatkan 11 poin informasi kondisi pasar saat ini dan gambaran keinginan pelanggan. Untuk lebih dispesifikkan, dilakukan proses clustering 11 informasi tersebut menggunakan analisis kluster hierarki sehingga terbentuk 3 kluster. Selanjutnya dilakukan evaluasi faktor internal dan eksternal yang mengacu Sun Tzu’ s Five Key Elements sehingga diperoleh 9 variabel internal dan 13 variabel eksternal beserta rating masing – masing variabel yang kemudian diklasifikasi dengan analisis SWOT sehingga didapatkan 6 kekuatan, 3 kelemahan, 7 peluang, dan 6 ancaman. Lalu, dengan menggunakan semua informasi tersebut, terbentuk 3 strategi pemasaran untuk UKM IFFA Batik yang mengacu kepada Sun Tzu’s Stratagems yaitu befriend a distant state while attacking a neighbour, substitute leisure for labour, dan tossing out a brick to get a jade gem.

English Abstract

IFFA Batik as one of the local Small-Medium Enterprise in Pekalongan experienced fluctuative decreasing sales in 2013 – 2015. Whereas, according to Economic Enterprise and Small-Medium Enterprise Ministry and also Industrial Ministry datas in 2015 showed that there was significant and consistent increasing in business units quantity, labours, export numbers, and investment values of batik industry in these recent years. The fluctuative decreasing sales was surely trigerred by some causes, one of them was the increasing numbers of IFFA Batik’s competitors in the same market place which is Pasar Grosir Setono Pekalongan. So, there must be marketing strategy evaluation that considers IFFA Batik’s internal and external market condition. In the beginning of this study, there was market study to understand recent market condition and customer needs by using market study questionnaire that spread to Pasar Grosir Setono visitors as the respondents. After that, there was hierarchical cluster analysis based on similarity of each respondents characteristic. IFFA Batik’s internal and external points generation method was Sun Tzu’s Five Key Elements by spreading questionnaire to Pasar Grosir Setono visitors and management of IFFA Batik so the result were rating and weight values for each variables of those five key elements. Furthermore, those rating and weight values can be used for SWOT analysis to classify IFFA Batik strengths, weaknesses, opportunities, and threats. For the final step, there is Sun Tzu’s Stratagems as the marketing strategy method so the result was strategy that fits to IFFA Batik’s internal and external condition and considered market characteristic and customer needs. In the market study phase, the result is 11 points information that consists of current market condition and customer needs. To be more specified, the 11 points of information were clustered by hierarchical cluster analysis which is formed into 3 clusters. And then, the next step was evaluating internal and external factors refered to Sun Tzu’s Five Key Elements, this evaluation generated 9 internal variables and 13 external variables, also its ratings that divided to 6 strengths, 3 weaknesses, 7 opportunities, and 6 threats and given weights to each variables. And then, by using all of those informations, there are 3 marketing strategies for IFFA Batik SME that refered to Sun Tzu’s Stratagems which are befriend a distant state while attacking a neighbour, substitute leisure for labour, dan tossing out a brick to get a jade gem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/702/051707295
Uncontrolled Keywords: Analisis Kluster, Analisis SWOT, Sun Tzu’s Five Key Elements, Sun Tzu’s Stratagems, UKM IFFA Batik
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Aug 2017 01:24
Last Modified: 27 Nov 2020 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1672
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (70kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (26kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (2kB)

Actions (login required)

View Item View Item