Segmentasi Pelanggan Menggunakan Metode Fuzzy C-Means Clustering Berdasarkan Lrfm Model Pada Toko Sepatu (Studi Kasus: Ride Inc Kota Malang)

Dharmawan, Muhammad Taufik (2018) Segmentasi Pelanggan Menggunakan Metode Fuzzy C-Means Clustering Berdasarkan Lrfm Model Pada Toko Sepatu (Studi Kasus: Ride Inc Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ride Inc. merupakan toko sepatu kulit yang berdiri pada tahun 2012 di Kota Malang. Data pelanggan yang dimiliki belum dimanfaatkan untuk mendapatkan nilai yang mampu membantu Ride Inc. dalam menyusun strategi bisnis untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Selain itu, penentuan jumlah kulit yang dibeli menjadi penyebab dalam kerugian. Segmentasi pelanggan merupakan pembagian kelompok terhadap pelanggan yang memiliki kemiripan karakteristik dan mampu memberikan informasi dari kelompok yang menguntungkan dan tidak menguntungkan. Karakteristik pelanggan dapat dilihat dengan menerapkan LRFM model atau Length (rentang waktu transaksi terakhir dan pertama), Recency (rentang waktu penelitian dengan transaksi terakhir), Frequency (jumlah transaksi yang dilakukan), dan Monetary (total uang yang telah dikeluarkan). Metode yang digunakan dalam pengelompokkan pelanggan adalah Fuzzy C-Means clustering. Dalam penerapan metode clustering, elbow method digunakan untuk membantu proses penentuan jumlah cluster yang baik secara iteratif dengan menampilkan hasil berupa grafik. Data yang digunakan dari Ride Inc. adalah data transaksi pelanggan sejumlah 668 data transaksi dan 522 pelanggan pada periode Juli 2017 hingga Maret 2018. Hasil jumlah cluster berdasarkan elbow method adalah dua cluster dan tiga cluster yang kemudian diimplementasikan ke dalam Fuzzy CMeans. Analisis segmen pelanggan berdasarkan LRFM model berupa peringkat dari kelompok pelanggan yang menguntungkan dengan melihat nilai L, F, dan M tertinggi dan R terendah. Visualisasi dashboard yang berisi tiga halaman dengan bentuk grafik dan diagram menjadi output penelitian berdasarkan nilai LRFM yang diberikan ke Ride Inc. Hasil rata-rata dari uji usability terhadap 2 responden adalah 65 yang berarti pihak Ride Inc. menerima visualisasi dashboard tersebut.

English Abstract

Ride Inc. is a leather shoe store established in 2012 in the city of Malang. Customer data owned has not been utilized to obtain values that are able to help Ride Inc. in creating business strategies to gain and retain customers. In addition, the determination of the amount of the purchased leather be the cause in the loss. Customer segmentation is groups of customers who have a similarity of characteristics that able to provide information from a group of profitable and unprofitable. The characteristics of customers can be seen by applying LRFM model or Length (with the span time of the first and last transaction), Recency (with the time span of research with the last transaction), Frequency (the number of transactions carried out) and Monetary (total the money has been issued). Methods used in grouping customers are Fuzzy C-Means clustering. In applying the method of clustering, elbow method used to help the process of determining the best number of clusters iteratively and to display the results in the form of graphs. The data used from the Ride Inc. are 668 customers transaction data with 522 customers in the period of July 2017 until March 2018. The results shows that there are two clusters and three clusters that formed based on elbow method that are then implemented into the Fuzzy C-Means. Customer segment analysis based on the LRFM model formed in the rank of profitable customer group based on the highest value of L, F, and also M and the lowest R. Dashboard visualization that contains three pages with graphs and diagrams become the output of the research based on the value of the given LRFM to Ride Inc. The average score of usability testing from 2 respondens is 65. This means that Ride Inc. receive the dashboard visualization.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/896/051900247
Uncontrolled Keywords: segmentasi pelanggan, LRFM model, fuzzy c-means, elbow method, dashboard./ customer segmentation, LRFM model, fuzzy c-means, elbow method, dashboard .
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Apr 2020 15:15
Last Modified: 24 Jun 2022 02:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167112
[thumbnail of Muhammad Taufik Dharmawan.pdf] Text
Muhammad Taufik Dharmawan.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item