Manajemen Risiko Pemasaran Produk Cokelat Menggunakan Metode Fuzzy Failure Mode And Effect Analysis (Fuzzy FMEA) Dan Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Di PT. Kampung Coklat Blitar, Jawa Timur)

Wicaksono, Rio Danu (2018) Manajemen Risiko Pemasaran Produk Cokelat Menggunakan Metode Fuzzy Failure Mode And Effect Analysis (Fuzzy FMEA) Dan Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Di PT. Kampung Coklat Blitar, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Kampung Coklat adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan cokelat. Perusahaan ini terletak di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis cokelat, diantaranya cokelat barang, cokelat bubuk, permen cokelat, dan cokelat hitam (dark chocolate) dengan kadar cokelat yang beragam. Pemasaran PT. Kampung Coklat dilakukan dengan 2 cara, antara lain dengan online dan offline. Pemasaran secara offline ialah menjadikan perusahaannya sebagai wisata edukasi bagi pelajar yang didalamnya terdapat outlet penjualan aneka produk cokelat, kafe dan simulasi pembuatan cokelat. Pemasaran secara online dilakukan dengan memasarkan melalui website dan surat kabar elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui urutan prioritas risiko yang timbul dan mengkaji serta memberikan usulan strategi dalam penanganan risiko pemasaran yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Fuzzy Failure Mode and Effect Analysis (Fuzzy FMEA) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini menggunakan 2 responden atau pakar yang terdiri dari karyawan PT. Kampung Coklat bagian pemasaran. Dari hasil penelitian menggunakan metode Fuzzy FMEA, risiko yang sering terjadi pada variabel produk ialah kemasan produk terlihat tidak menarik dan tidak praktis, dengan FRPN 6,17. Pada variabel harga risiko tertinggi adalah harga kurang kompetitif dengan produk sejenis dengan FRPN 5,73. Pada variabel tempat risiko yang tertinggi adalah loksi penjualan sulit dijangkau dengan FRPN 6,15. Pada variabel promosi risiko yang tertinggi adalah merk produk kurang terkenal viii dengan FRPN 6,44. Pada variabel konsumen risiko tertinggi ialah konsumen merasa kurang nyaman dengan outlet/galeri penjualan pada Kampung Coklat dengan FRPN 5,61. Pada variabel kompetitif risiko yang tertinggi ialah muncul produk cokelat sejenis dengan FRPN 5,00. Kemudian dilakukan pengukuran AHP untuk mengetahui alternatif strategi. Hasil penelitian menggunakan metode AHP menunjukan bahwa kriteria kompetitif memiliki bobot tertinggi dengan bobot 0,23, selanjutnya secara berturut-turut ialah produk, dengan bobot 0,19, promosi dengan bobot 0,17, harga dengan bobot 0,15, tempat dengan bobot 0,14, dan konsumen dengan bobot 0,12. Strategi pada variabel produk, harga, tempat, promosi, konsumen dan kompetitif secara berturut-turut ialah inovasi bentuk produk, memberi diskon, membuat tempat sejenis di kota lain, paket promo hari raya tertentu, membuat ruang tunggu yang nyaman dan luas, dan menonjolkan keunggulan wisata edukasi.

English Abstract

PT. Kampung Coklat is one of the company involved in chocolate processing industry. This company is located in Blitar Regency, East Java. This company produces various types of chocolate, including chocolate bar, chocolate powder, chocolate candy and dark chocolate with varying chocolate content. The marketing strategy of PT. Kampung Coklat is mainly conducted in 2 ways, online and offline. Offline marketing is conducted by opening the company to educational tour for students which included outlets with the purpose of selling various chocolate products, chocolate café, and chocolate making simulations. Online marketing is done by marketing through websites and electronic newspapers. The purpose of this study is to determine the order of risk priorities that may arise, and also review and provide proposal of strategy in handling marketing risks that is advisable to the company. The methods used in this study are Fuzzy Failure Mode and Effect Analysis (Fuzzy FMEA) and Analytical Hierarchy process (AHP). This study uses 2 respondents or experts consisting of the employees of PT. Kampung Coklat marketing department. From the results of study using the Fuzzy FMEA method, the risk that often occurs in product variables is that the product package appears unattractive and impractical, with FPRN 6.17. With price as variable the highest risk is that the prices are less competitive compared to similar products with FPRN 5.73. With location as variable the highest risk is that the sales location are difficult to reach with FPRN 6.15. With promotion as variables the highest risk is that the product brand may become less well-known with FPRN 6.44. With consumers as variable the highest x risk is that they may feel uncomfortable with sales outlets/ galleries in PT. Kampung Coklat with FPRN 5.61. With competition as variable the highest risk is the appearance of similar chocolate based products with FPRN 5.00. Then AHP measurement is conducted to determine the alternative strategies. The results of the study using AHP method show that the competition criteria hold the most weight with 0.23, then respectively, products weighing 0.19, promotion weighing 0.17, price weighing 0.15, location weighing 0.14, and consumers weighing 0.12. Strategies on variables such as product, price, location, promotion, consumers, and competition are innovations on product form, giving discounts, making similar outlets in other cities, certain holiday promo, making the waiting room more comfortable and spacious, and lastly highlighting educational tour as a major strong point.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/648/ 051901748
Uncontrolled Keywords: Risiko Pemasaran, Fuzzy FMEA, dan AHP / Marketing Risk, Fuzzy FMEA, and AHP
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 May 2019 02:45
Last Modified: 24 Nov 2021 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167044
[thumbnail of Rio Danu Wicaksono.pdf] Text
Rio Danu Wicaksono.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (33kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (15kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (5kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item