Analisis Pengaruh Eco-Label Pada Minuman Kemasan Karton Aseptis Dengan Label Sertifikasi Forest Stewardship Council (Fsc) Terhadap Customer Value Dan Keputusan Pembelian

Putri, Fildzah Wafi (2018) Analisis Pengaruh Eco-Label Pada Minuman Kemasan Karton Aseptis Dengan Label Sertifikasi Forest Stewardship Council (Fsc) Terhadap Customer Value Dan Keputusan Pembelian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Green product seperti ekolabel yang beredar di Indonesia sudah beraneka ragam salah satunya kemasan minuman yang memiliki sertifikasi Forest Stewardship Council (FSC). FSC merupakan standar yang didirikan pada tahun 1993 di Jerman dan dilakukan oleh organisasi non-pemerintah untuk mendorong pengelolaan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap hutan melalui sertifikasi produk sektor hutan. Produk yang menggunakan label FSC di Indonesia seperti Ultramilk, Teh Kotak, Buavita, Fruit Tea, dll. Adanya label sertifikasi FSC memicu perilaku konsumen untuk melakukan pembelian pada produk tersebut. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pengetahuan konsumen tentang eco-label terhadap customer value dan keputusan pembelian produk minuman kemasan karton aseptis bersertifikasi FSC serta kesadaran konsumen sebagai variabel moderasi. Penelitian dilakukan di Kota Malang dengan sampel mahasiswa yang pernah membeli minuman kemasan karton aseptis dengan label sertifikasi FSC. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa sebanyak 141 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 22.0 dan software WarpPLS 6.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eco-label berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap customer value dengan path coeficient 0,602 dan p-value <0,001. Eco-label berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sebesar 0,332 dan p-value <0,001. Customer value berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sebesar 0,328 dan p-value <0,001. Customer value memediasi sebagian hubungan antara eco-label terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 0,197 total effect 0,529 dan p-value <0,001. Kesadaran konsumen memoderasi hubungan antara customer value dan keputusan pembelian dengan nilai sebesar 0,214 dan p-value 0,004.

English Abstract

Green products such as eco-label circulating in Indonesia are already diverse, one of which is beverage packaging that has Forest Stewardship Council (FSC) Certification. FSC is a standard established in 1993 in Germany and carried out by non-governmental organizations to promote sustainable and responsible on the management of forests through forest sector product certification. The products which uses FSC labels in Indonesia such as Ultramilk, The Kotak, Buavita, Fruit Tea, etc. The existence of an FSC certification label triggers consumer behavior to make purchases on the product. The purpose is to look at effect consumer knowledge about eco-labels on customer value and the decision to purchase FSC certified cardboard packaging products and customer awareness as moderat variable. This research was conducted in Malang City with a sample of students who had bought cardboard packaging drinks with FSC certification labels. Data collection was done by distributing questionnaires to students as many as 141 respondents. And the analysis of the data is done using SPSS 22.0 and WarpPLS 6.0 software. The result of the study shows that eco-labels have a positive and significant direct effect on customer value with path coeficient 0,602 and p-value <0,001. Eco-labels have a positive and significant direct effect on purchasing decisions with path coefficient 0,332 and p-value <0,001. Customer value has a positive and significant direct effect on purchasing decisions with 0,328 and p-value <0,001. Customer value can partial mediating relationship between eco-labels on purchasing decisions with 0,197 total effect 0,529 and p-value <0,001 . Consumer awareness moderates the relationship between customer value and purchasing decisions with 0,214 and p-value 0,004.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/645/ 051901745
Uncontrolled Keywords: Customer Value, Eco-Label, Forest Stewardship Council, Keputusan Pembelian, Kesadaran Konsumen, Minuman./ Beverage, Consumer Awareness, Customer Value, Eco-Label, Forest Stewardship Council, Purchasing Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.56 Product control, packaging; waste control and utilization > 658.564 Packaging
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Apr 2020 03:30
Last Modified: 22 Jun 2022 06:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167035
[thumbnail of Fildzah Wafi Putri.pdf] Text
Fildzah Wafi Putri.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item