Analisis Faktor Minat Belt, Social Commerce, Kepercayaan Dan Followers Dalam Pemasaran Produk Melalui Media Sosial Facebook HIJUP

Purwanti, Suanggra Lilik (2018) Analisis Faktor Minat Belt, Social Commerce, Kepercayaan Dan Followers Dalam Pemasaran Produk Melalui Media Sosial Facebook HIJUP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

HIJUP adalah Islamic fashion e-commerce. Berdasarkan survei IPrice pada peta e-commerce, HIJUP mengalami penurunan pengunjung pada triwulan III menuju triwulan IV, menurunnya jumlah pengunjung HIJUP menggambarkan penurunan minat beli konsumen yang membuat HIJUP harus meningkatkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan jumlah pengunjung sehingga menimbulkan minat beli konsumen. Minat beli dipengauhi oleh variabel kepercayaan, social commerce dan followers. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variabel-variabel yang ada menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online pada konsumen yang mengikuti akun fanpage facebook HIJUP dan pernah membeli produk HIJUP dengan total 82 responden menggunakan teknik purposive sampling. Kategori sangat tinggi ada pada variabel minat beli dan kepercayaan yang berarti minat beli konsumen dan kepercayaan konsumen pada HIJUP sangat tinggi, kategori tinggi ada pada variabel followers dan social commerce yang berarti pengaruh followers dan social commerce di fanpage facebook HIJUP tinggi. Rekomendasi yang diberikan untuk meningkatkan minat beli adalah HIJUP tetap mempertahankan minat transaksional, minat eksploratif konsumen dan meningkatkan pelayanan, kualitas produk, kerjasama dengan brand fashion ternama, membuka lebih banyak HIJUP store. Rekomendasi yang diberikan untuk meningkatkan variabel kepercayaan adalah meningkatkan kemampuan (ability) dengan menepatkan waktu pengiriman barang dan menjamin barang tepat sampai pada konsumen. Rekomendasi yang diberikan untuk variabel followers adalah meningkatkan promosi dengan mengadakan kontes atau giveaway. Rekomendasi untuk variabel social commerce adalah hendaknya HIJUP menggunakan jasa influencer atau endorse, memberi reward bagi konsumen yang review dan membuat percakapan dengan konsumen yang meriview.

English Abstract

HIJUP is Islamic fashion e-commerce. Based on the IPrice survey on the e-commerce map, HIJUP experienced a decline in visitors in the third quarter towards the fourth quarter, the decline in the number of HIJUP visitors illustrates the decline in consumer buying interest that made HIJUP have to improve effective and efficient marketing strategies to increase the number of visitors, causing consumer buying interest. Buying interest is influenced by variables of trust, social commerce and followers. This study aims to describe the variables using descriptive statistical analysis. Data collection is done by distributing online questionnaires to consumers who follow HIJUP's Facebook fanpage account and have bought HIJUP products with a total of 82 respondents using purposive sampling technique.The very high category is in the variable of buying interest and trust which means consumer buying interest and consumer confidence in HIJUP is very high, the high category is on variable followers and social commerce which means influence followers and social commerce on HIJUP's high facebook fanpage. The recommendation given to increase buying interest is HIJUP while maintaining transactional interest, consumer exploratory interest and improving service, product quality, collaboration with renowned fashion brands, opening more HIJUP stores. The recommendation given to increase the variable of trust is to increase the ability (ability) by matching the time of delivery of goods and guarantee the goods arrive at the consumer. The recommendation given for variable followers is to increase promotion by holding contests or giveaway. The recommendation for social commerce variables is that HIJUP should use influencers or endorses services, give rewards to consumers who review and make conversations with consumers who review.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/909/051900260
Uncontrolled Keywords: pemasaran produk di media sosial, minat beli, kepercayaan, followers, social commerce -product marketing on social media, buying interest, trust, followers, social commerce
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 31 May 2019 02:50
Last Modified: 26 Aug 2020 06:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167000
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item