Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Risiko Inovasi Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Agroindustri Pangan Di Kampung Sanan, Kota Malang

Annasa, Dhiksa Noer (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Risiko Inovasi Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Agroindustri Pangan Di Kampung Sanan, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan ekonomi dan teknologi memicu terjadinya persaingan usaha. Pelaku usaha dituntut untuk selalu peka terhadap perubahan permintaan pasar yang senantiasa berubah. Hal ini mendorong adanya sebuah persaingan antar pelaku usaha, khususnya pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). UKM dituntut untuk selalu melakukan inovasi agar dapat bertahan di tengah persaingan. Akan tetapi, berinovasi juga menjadi langkah yang berisiko karena ketidakpastian yang terdapat pada inovasi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris dan menganalisis pengaruh antarvariabel dengan menggunakan metode analisis Partial Least Square (PLS). Populasi dari penelitian ini adalah UKM keripik tempe di Kampung Sanan, Kota Malang dengan sampel UKM yang telah melakukan inovasi sebelumnya. Sampel yang digunakan sebanyak 70 UKM. Pengolahan dan analisis data dilakukan menggunakan software SPSS 24.0 dan warppls 6.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas sumber daya memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap inovasi. Orientasi teknologi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap. Top Management Support memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap inovasi. Adanya ketidakpastian lingkungan memoderasi positif dan signifikan hubungan antara inovasi dengan risiko produk. Inovasi memiliki pengaruh positif dan cenderung meningkatkan risiko yang akan dihadapi suatu produk.

English Abstract

Economic and technological developments trigger business competition. Business people are required to always be sensitive to changes in market demand that are constantly changing. This encourages competition between business actors, especially in Small and Medium Enterprises (SMEs). SMEs are required to always innovate in order to survive in the midst of competition. However, innovating is also a risky step because of the uncertainty in the innovation. This research was conducted in Malang City. This study aims to test empirically and analyze the influence between variables using the Partial Least Square (PLS) analysis method. The population of this study was SME tempe chips in Kampung Sanan, Malang City with a sample of SMEs that had made previous innovations. The sample used was 70 UKM. Data processing and analysis was performed using SPSS 24.0 software and warppls 6.0. The results of the study show that resource capabilities have a positive and significant influence on innovation. Technology orientation has a positive and significant influence on. Top Management Support has a positive and significant influence on innovation. The existence of environmental uncertainty moderates the positive and significant relationship between product risk innovation. Innovation has a positive influence and tends to increase the risk that will be faced by a product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/651/051901751
Uncontrolled Keywords: Inovasi, UKM, Risiko / Innovation, SMEs, Risk
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Nov 2019 01:33
Last Modified: 22 Jun 2022 05:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166992
[thumbnail of Dhiksa Noer Annasa.pdf] Text
Dhiksa Noer Annasa.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item