Agung N, Aditya Yudha (2018) Pengembangan Permainan Edukasi Pengenalan Chord Gitar Berbasis Myo Armband. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Di dalam mempelajari gitar, perlu diketahuinya chord-chord dasar yang dapat dipelajari melalui buku ataupun internet. Namun, penggunaan media cetak kurang memberikan pengalaman nyata terhadap peserta didiknya. Oleh karena itu diperlukannya sebuah media pembelajaran interaktif yang dapat memberikan pengalaman nyata kepada peserta didiknya. Dengan menggunakan Virtual Reality dan Myo Armband penelitian ini menggabungkan kedua teknologi tersebut ke dalam sebuah permainan pembelajaran interaktif agar dapat memberikan pengalaman nyata kepada peserta didiknya. Sistem dibangun dengan menggunakan MDA Framework, dengan menjabarkan mekanik, dinamik dan estetik yang ada pada sistem permainan. Sistem diuji dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) dan task completion rate untuk menguji User Experience (UX) dari sistem tersebut, black box testing untuk memvalidasi fungsi di dalam sistem serta pre-test – post-test testing untuk menguji pengaruh permainan terhadap peningkatan pemahaman materi. Hasil penelitian menunjukkan nilai dari pengujian SUS sebesar 67,5%, yang mana angka tersebut belum memenuhi standar SUS sebesar 68%. Hasil pengujian black box testing mendapatkan hasil sebesar 100% valid yang mana menunjukkan bahwa fungsional sistem permainan telah berjalan dengan benar. Hasil pengujian task completion memberikan hasil rata-rata sebesar 91,43% dengan standar task completion sebesar 78% yang mana menunjukkan bahwa sistem ini telah baik dari segi tingkat keefektifannya. Dari pengujian pre-test dan post-test didapatkan hasil rata-rata untuk pre-test sebesar 70 dan post-test sebesar 90. Dari kedua nilai tersebut didapatkan selisi sebesar 20 yang menunjukkan bahwa adanya peningkat pemahaman pemain dengan kata lain permainan ini telah berhasil sebagai media pembelajaran interaktif.
English Abstract
In learning the guitar, it is necessary to know the basic chords that can be learned through books or the internet. However, the use of print media does not provide real experience to students. Therefore we need an interactive learning media that can provide real experiences to students. By using virtual reality and Myo Armband this research combines the two technologies into interactive learning games so they can provide real experiences to their students. The system built using the MDA Framework, describing the mechanics, dynamics and aesthetics that exist in the game system. The system is tested using the System Usability Scale (SUS) and Task Completion Rate to test User Experience (UX) of the system, Black Box testing to validate functions in the system and pre-test - post-test testing to test the influence of the game on increasing understanding of material. The results showed that the value of the SUS test was 67.5%, which number did not meet the SUS standard of 68%. The black box testing test results get a 100% valid result which indicates that the functional system of the game has been running correctly. The results of task completion testing give an average yield of 91.43% with a standard task completion of 78% which indicates that this system is good in terms of its effectiveness. The pre-test and post-test tests get an average result for the pre-test of 70 and a post-test of 90. From the two values, there are 20 equalizations which indicate that there is an increase in player understanding in other words the game has succeeded as an interactive learning media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/1057/051901086 |
Uncontrolled Keywords: | Virtual Reality, Chord Gitar, Myo Armband, Permainan Edukasi, MDA Framework-Virtual Reality, Guitar Chord, Myo Armband, Educational Game, MDA Framework |
Subjects: | 700 The Arts > 776 Computer art (Digital art) > 776.2 Graphic displayed on computer display devices |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 20:40 |
Last Modified: | 18 May 2022 02:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166986 |
Text
Aditya Yudha Agung N.pdf Download (22MB) |
Actions (login required)
View Item |