Novitasari, Anita Putri (2018) Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPOS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
EzyPOS merupakan aplikasi berbasis Android untuk memudahkan pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memanajemen usahanya. Aplikasi EzyPOS memiliki fungsi seperti mesin kasir. Pada penggunaan Aplikasi EzyPOS ditemukan beberapa permasalahan usability sehingga berpengaruh kepada pengalaman pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merekomendasikan perbaikan User Interface dan User Experience Aplikasi EzyPOS beserta hasil evaluasi dan analisis keduanya. Pendekatan yang digunakan adalah Human-Centered Design (HCD) yang merupakan pendekatan desain dan pengembangan sistem untuk membuat sistem interaktif lebih bermanfaat dengan berfokus pada penggunaan sistem dan menerapkan faktor manusia / ergonomi dan pengetahuan dan teknik kegunaan. Tahapan HCD adalah spesifikasi konteks penggunaan, spesifikasi kebutuhan pengguna, membuat desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Metode evaluasi yang digunakan adalah Heuristic Evaluation (HE) yang merupakan metode untuk menemukan masalah usability dalam User Interface dengan menggunakan 3 - 5 evaluator untuk memeriksa dan menilai masalah sesuai dengan prinsip-prinsip usability yang berlaku. Perbaikan dilakukan berdasarkan severity ratings dari setiap permasalahan yang ditemukan oleh evaluator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain solusi dengan pendekatan HCD memiliki nilai usability yang lebih baik dari Aplikasi EzyPOS versi 1.0.19. Hal ini ditunjukkan dengan menurunnya jumlah permasalahan yang ditemukan pada desain solusi Aplikasi EzyPOS, yaitu dari 20 menjadi 6 permasalahan.
English Abstract
EzyPOS is an Android based application to facilitate Micro, Small and Medium Enterprises in managing their businesses. EzyPOS application has a function like a cash register. In the use of the EzyPOS application found several usability problems which influence to User experience. The purpose of this study is to direct the User Interface and User Experience of the EzyPOS application along with the results and analysis of both. An approach that is used is Human-Centered Design (HCD) which is a Design used to make a better and more interactive information system. HCD stages are context specifications, User specifications, Design, and Design evaluation. Evaluation Method which is used is a Heuristic Evaluation (HE) which is a method for finding usability problems in the User Interface by using 3-5 evaluators to examine and assess it in accordance with the applicable usability principles. Improvements are made based on the rating assessment of each fact found by the evaluator. The results of this study show that the HCD Design has better usability than the EzyPOS version 1.0.19 application. This is done by reducing the amount found on EzyPOS, which is from 20 to 6 problems.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/934/051900588 |
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, HCD, HE, UI, UX.-evaluation, HCD, HE, UI, UX. |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.437 User interfaces |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 20 May 2019 03:02 |
Last Modified: | 18 May 2022 02:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166960 |
![]() |
Text
Anita Putri Novitasari.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |