Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Activinspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jepang Siswa Tema Kehidupan Sekolah Kelas X Lmt Sman 2 Malang

Amaliah, Kiki Rizki (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Activinspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jepang Siswa Tema Kehidupan Sekolah Kelas X Lmt Sman 2 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemanfaatan media dalam pembelajaran menjadi hal yang penting untuk membangun minat siswa terhadap pelajaran. Namun, dalam proses pembelajaran di SMAN 2 Malang siswa hanya diajarkan dengan menggunakan media presentasi power point sehingga siswa tidak merasa tertarik dengan pelajaran dan pada akhirnya saat pengambilan nilai, banyak siswa yang mendapai nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, peneliti mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Activinspire. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran audio visual yang inovatif dan kreatif yang digunakan pada pembelajaran bahasa Jepang tema kehidupan sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X lintas minat SMAN 2 Malang. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembanga ADDIE yang terdapat lima tahapan, yaitu analize, design, development, implementation, dan evaluation. Pada tahap implementasi dilakukan dengan dua tahapan yaitu dengan tahap uji coba kelompok kecil dan tahap uji coba kelompok besar. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi, tes, dan angket tanggapan siswa. Validasi media dalam penelitian ini dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil validasi para ahli, media pembelajaran Activinspire memperoleh hasil presentase 97% pada validasi ahli media dengan kategori sangat valid dan pada ahli materi dengan presentase 97% dalam kategori sangat valid. Dari validasi tersebut, di dapatkan rata-rata dengan presentase 97% dengan kategori sangat valid. Hasil ketuntasan pretes siswa hanya mencapai 20% sedangkan pada hasil ketuntasan postes siswa mencapai presentase 100% tuntas. Selain itu, hasil respon siswa terhadap media didapatkan nilai presentase sebesar 76,7% pada uji coba kelompok kecil dan hasil nilai presentase sebesar 96,4% pada tahap uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil diatas, dapat dikatakan bahwa siswa tertarik pada media pembelajaran Activinspire sebagai media dalam proses pembelajaran bahasa Jepang.

Other obstract

学習におけるメディアの使用は、学習に対する学生の関心を高めるために重要である。しかし、SMAN 2 Malangにおける学習プロセスでは、パワーポイントプレゼンテーションのみ使用され、勉強の内容にう興味をうまく引かず、最終的に成績を取ると、多くの生徒が最小限基準にいけなかった。問題を克服するために、Activeinspireというアプリケーションが使用された。本研究の目的はSMAN 2 Malangの1年Lintas Minat組の生徒の学習成果を向上させるために、革新的で創造的なオーディオビジュアル学習メディアを生み出すことだ。 本研究には、ADDIEという開発モデルを5段階に分け、それが分析、設計、開発、実施、評価である。実施の段階では、小グループ試験段階と大グループ試験段階という2つの段階で実施される。データ収集はアンケートの検証、テスト、および学生の回答アンケートにより行われた。メディアバリデーションは、メディアの専門家と授業のテーマの専門家により行われた。 バリデーションの結果では学習メディアActiveinspireが専門家により非常に有効なメディアのカテゴリで97%を取り、更にActiveinspireが授業のテーマの専門家により非常に有効なメディアのカテゴリで97%を取った。事前テストの結果は20%の学生が最小限基準にいけたに対し、事後テストの結果は100%の学生が最小限基準にいけたことが判明された。それに加え、メディアに対する生徒の回答アンケートの結果は、小グループ試験では76.7%、大グループでは96.4%だった。以上の結果を踏まえ、生徒はActiveinspireという学習メディアに興味を持っているということが判明された。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/484/051900064
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, media aplikasi Activinspire, bahasa Jepang
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Oct 2019 08:17
Last Modified: 26 May 2020 05:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166923
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item