Analisis penerimaan pengguna e-learning Fakultas Ilmu Komputer Menggunakan Metode UTAUT dan TTF

Ma’rifatin, Qori’ Ima (2018) Analisis penerimaan pengguna e-learning Fakultas Ilmu Komputer Menggunakan Metode UTAUT dan TTF. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) telah menerapkan e-learning berbasis moodle dengan nama E-learning Faculty Of Computer Science-UB, situs e-learning Filkom bisa diakses melalui alamat https://elearning-Filkom.ub.ac.id. Mahasiswa maupun dosen matakuliah di fakultas ilmu komputer belum semua memanfaatkan adanya e-learning. Rekapitulasi data keluhan tiga tahun terakhir dari pengguna e-learning Filkom menyebutkan bahwa pengguna mengeluhkan terjadinya server down, sebanyak lima pengguna mengalami kesulitan NIM dan password yang dimiliki tidak bisa login pada Wi-Fi UB dan e-learning. Masalah tersebut mendasari penelitian guna mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi penerimaan mahasiswa ketika menggunakan e-learning Filkom. Permasalahan tersebut kemudian mendasari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat mahasiswa menggunakan e-learning. Model yang digunakan adalah integrasi Unified Theory of Acceptance and use of Technology (UTAUT) yang terdiri dari variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, dengan model dari task technology fit (TTF) yang terdiri dari variabel characteristic technology, task characteristic, task tehnology fit. Analisis data dalam penelitian dilakukan secara parametrik dan non parametrik. Data yang terkumpul dilakukan uji asumsi dasar yaitu normalitas, linearitas dan homogenitas. Data yang lolos uji asumsi dasar dilakukan analisis parametrik menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan yang tidak lolos asumsi dasar dilakukan analisis non parametrik menggunakan metode Kendall Tau. Hasil dari penelitian menunjukkan pengaruh variabel performance expectancy terhadap user adoption masuk kategori rendah karena hanya dapat menjelaskan sedikit dari keseluruhan faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pengguna sebesar 12,7%, social influence terhadap user adoption masuk kategori sempurna karena dapat menjelaskan sedikit dari keseluruhan faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pengguna sebesar 68,1%, task technology fit terhadap user adoption masuk kategori lemah karena hanya dapat menjelaskan sedikit dari keseluruhan faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pengguna sebesar 10,4%, technology characteristic terhadap task technology fit masuk kategori sedang karena dapat menjelaskan sedikit dari keseluruhan faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pengguna sebesar 59,0%, Namun, semua variabel tersebut terdapat beberapa indikatornya masih memerlukan perbaikan.

English Abstract

Faculty of Computer Science (Filkom) has applied moodle based e-learning with the name E-learning Faculty of Computer Science-UB, Filkom e-learning website can be accessed through https://elearning-Filkom.ub.ac.id. Student and lecturers of computer science faculties not all using e-learning Filkom. Recapitulation of complaints data in the last three years from Filkom e-learning users said that users complained about server down, there are five users have difficulty abaout NIM and password that can not login on Wi-Fi UB and e-learning. These problems underlie research to find out what factors influence student acceptance when using Filkom e-learning. These problems then underlie this research to find out the factors that influence student interest in using e-learning. The model used is the integration of Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) consisting of variable performance expectancy, effort expectancy, social influence, Facilitating conditions, with a model of the Task Technology Task (TTF) consisting of characteritic Technology, task characteristic. Data analysis in this research is done by parametric and non parametric. The collected data is done by basic assumption test that is normally, linearity and homogenity. Data that passed the basic assumption test was done by parametrik analysis using simple linear regression, while those did pass the basic assumption of non parametric analysis using Kendall Tay method. The results of the study show the influence of performance expectancy variables on user adoption in the low category because it can only explain a little of the overall factors that affect user acceptance by 12.7%, factors that affect user acceptance by 68.1%, task technology fit to user adoption is in the weak category because it can only explain a little of the overall factors that affect user acceptance of 10.4%, technology characteristic of task technology fit into the medium category because can explain a little of the overall factors that affect user acceptance by 59.0%, however, all of these variables have several indicators that still need improvement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/936/051900590
Uncontrolled Keywords: e-learning, penerimaan, UTAUT, TTF, regress linier, Kendall Tau-e-learning, acceptance, UTAUT, TTF, linier regression, Kendall Tau
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.38 Electronics, communications engineering > 621.382 Communications engineering
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Apr 2020 22:44
Last Modified: 18 May 2022 01:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166910
[thumbnail of Qori’ Ima Ma’Rifatin.pdf] Text
Qori’ Ima Ma’Rifatin.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item