Perbedaan Loneliness Gamers Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) Pada Remaja Dan Dewasa Awal

Dwihashfita, Luthfisal Jajar (2018) Perbedaan Loneliness Gamers Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) Pada Remaja Dan Dewasa Awal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan loneliness gamers MMORPG pada remaja dan dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif dengan dua variabel yang meliputi: variabel (X) yang merupakan gamer remaja dan dewasa awal, dan variabel (Y) yang merupakan loneliness. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel para pemain game online yang ada warung internet (warnet) di Kota Malang yang diambil berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik nonprobability sampling dimana teknik pengambilan sampel yang ditemukan atau ditentukan sendiri oleh peneliti atau menurut pertimbangan pakar. Dalam penelitian ini, jenis nonprobability yang digunakan adalah convenience sampling, di mana teknik ini dalam memilih sampel, peneliti tidak mempunyai pertimbangan lain kecuali berdasarkan kemudahan saja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan satu skala yaitu UCLA Loneliness Scale, dimana skala ini merupakan skala yang paling luas digunakan dalam mengukur kesepian atau loneliness. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara loneliness pada remaja dan dewasa awal, ini terlihat dari penghitungan hasil uji yang menyatakan signifikan.

English Abstract

This study aims to determine the differences in loneliness of MMORPG gamers in adolescents and young adults. This study uses a comparative research method with two variables which include: variable (X) which are ‘teenage gamer’ and ‘young adult’, and variable (Y) which is ‘loneliness’. In this study researchers took samples of online game players who have internet cafes (warnet) in Malang City which were taken based on predetermined criteria. In this study researchers used nonprobability sampling techniques where sampling techniques were found or determined by the researcher or according to expert judgment. In this study, the type of nonprobability used was convenience sampling, where this technique in selecting samples, researchers did not have other considerations except based on convenience. The data collection technique used in this study uses one scale, namely UCLA Loneliness Scale, where this scale is the most widely used scale in measuring loneliness or solitude. The result of this study is that there is a difference between loneliness in adolescents and early adulthood, this can be seen from the calculation of the test results which stated ‘significant’.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1160/051901887
Uncontrolled Keywords: Loneliness, Gamers MMORPG, Remaja, Dewasa awal. Loneliness, MMORPG Gamers, Adolescents, Young Adults.
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.9 Environmental psychology > 155.92 Influence of social environment
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:50
Last Modified: 25 Oct 2021 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166896
[thumbnail of Luthfisal Jajar D.pdf]
Preview
Text
Luthfisal Jajar D.pdf

Download (21MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item