Metafora Pada Lirik Lagu Dalam Album Best Selection Blanc Karya Aimer

Amelia, Reyvin Erischa (2018) Metafora Pada Lirik Lagu Dalam Album Best Selection Blanc Karya Aimer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa atau elemen bahasa terus dikembangkan oleh para penuturnya seiring berjalannya waktu. Salah satu contoh perubahan makna yakni metafora. Metafora seringkali ditemui dalam lirik lagu sehingga para pendengar sering kali menemukan kesulitan untuk memahami makna lirik lagu. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti melakukan penelitian analisis metafora yang terdapat dalam lirik lagu. Karena dengan penelitian ini dapat diketahui jenis metafora dan makna yang terkandung di dalamnya. Sumber data dalam penelitian ini yaitu lirik lagu dalam album Best Selection Blanc karya Aimer. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik simak catat. Data telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teori makna menurut Saussure, teori makna konseptual menurut Chaer, teori makna kontekstual menurut Pateda serta teori perubahan makna menurut Sumarsono. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 35 data yang mengandung metafora yakni terdapat 7 data yang mengandung metafora antropomorfis, 1 data yang mengandung metafora binatang, 20 data yang mengandung metafora dari konkret ke abstrak dan 7 data yang mengandung metafora sinaestetik pada 11 lirik lagu sedangkan 3 lirik lagu tidak mengandung metafora. Adanya metafora dalam lirik lagu karya Aimer tersebut bertujuan untuk menggambarkan bagaimana emosi yang diekspresikan.

Other obstract

言語は話し手に時を経つと共に引き続き広がっている。意味を変える ことの中には古い意味と新たな意味の間にいつも関係があり、その1 つは メタファーである。歌詞のなかにメタファーがよく見つかるので歌詞の意 味がよく理解できない日本の歌を興味を持つ方や聞き手のことが問題にな っている。このような背景から歌のなかにあるメタファー分析を考察した。 分析研究でメタファーの種類とそこに含まれる意味を知ることが目的であ る。 この研究のデータソースは Aimer が書いたBest Selection Blanc というア ルバムの歌詞である。取り込んだデータはノートテイク方法を使用した。 収集したあとで研究を賛成する論理を使用して分析した。 結果によるとメタファーを含まれたデータは 35 個が見つかった。11 の 歌詞の中に擬人化メタファー7 個、動物メタファー1 個、具体から抽象の メタファー20 個、精神的感覚のメタファー7 個があった。そして別の3 の 歌詞の中にメタファーが見つからなかった。メタファーを含まれたAimer さんの書かれた歌詞の目的は意図された伝言を伝えるためにどのような偉 大な感情を表現するかということが分かった

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/524/051900328
Uncontrolled Keywords: Metafora, Lirik Lagu, Makna, Album Best Selection Blanc,
Subjects: 700 The Arts > 782 Vocal music > 782.4 Secular forms > 782.42 Songs
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2019 02:31
Last Modified: 20 Jun 2022 02:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166887
[thumbnail of Reyvin Erischa Amelia.pdf] Text
Reyvin Erischa Amelia.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item