Gender Performativity Pada Karakter Shuuichi Nitori Pada Manga Hourou Musuko Volume 1-3 Karya Takako Shimura

Aulia, Aditya Rizki (2018) Gender Performativity Pada Karakter Shuuichi Nitori Pada Manga Hourou Musuko Volume 1-3 Karya Takako Shimura. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gender merupakan hal yang terbuat dari pandangan masyarakat tentang peran laki-laki dan perempuan, pengertian gender juga berubah seiring dengan waktu. Penelitian ini menggunakan objek berupa manga yang berjudul Hourou Musuko yang menceritakan tentang anak laki-laki SD bernama Shuuichi Nitori yang mempertanyakan identitas gendernya. Cerita pada manga ini bermula ketika Shuuichi memperkenalkan dirinya di kelas barunya. Shuuichi bertemu dengan Takatsuki Yoshino, perempuan yang mempunyai penampilan yang maskulin, yang akan menjadi teman dekatnya Shuuichi dan membantu Shuuichi dalam krisis identitas gendernya Shuuichi. Dalam penelitian ini digunakan teori Gender Performativity yang dikemukakan oleh Judith Butler, juga digunakan teori Tokoh dan Penokohan dan Teori Understanding Manga and Anime untuk menguatkan hasil penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gender performativity oleh karakter Nitori Shuuichi terlihat dalam pergantian gender Shuuichi yang berubah-rubah dari maskulin ke feminim yang terlihat dari aktivitas-aktivitas dan perilaku yang dilakukan oleh Shuuichi seperti hobbynya yang suka memasak kue dan juga sifat submissive yang ditunjukkan oleh Shuuichi seperti kebergantungannya Shuuichi kepada Yoshino.

Other obstract

性別というのは社会から作り出している男と女の役割の見解で、性別の意味も時 代と共に変わってくる。本研究は『放浪息子』の漫画に登場する「二鳥修一」とい う男子小学生が自分の性別に悩んでいること。物語の始まりはクラスで自己紹介を する時である。その後彼は男前な高槻よしのという女の子に出会って友達になり、 修一の悩みの解決を手伝うことになる。 本研究はジュディス・バトラーのジェンダ―パフォーマティビティの説、ヌルギヤ ントロのキャラクターとキャラクタリゼーションの説、ブランナーの漫画とアニメ の見解の説を使った。本研究は定性的、記述的に分析する。 本研究の結果は『二鳥修一』のジェンダーパフォーマティビティは彼の行動に見ら れる。あるとき女の子らしいことをし、あるとき男らしいことをするという行動の変化 が見つかった。例えば、彼の趣味であるケーキ作りや、『よしの』に対する甘えん坊な 性格などがみられる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/423/051812162
Uncontrolled Keywords: Gender, Gender Performativity, Maskulinitas dan Feminitas
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.3 People by gender or sex
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:50
Last Modified: 09 Dec 2021 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166860
[thumbnail of Aditya Rizki Aulia.pdf]
Preview
Text
Aditya Rizki Aulia.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item