Peran Pemerintah dalam Pengembangan Ruang Publik Ramah Penyandang Disabilitas di Kota Malang (Studi di Alun-alun Kota Malang dan Taman Keluarga Merbabu Kota Malang)

Asri, Della Putri Pandanu (2018) Peran Pemerintah dalam Pengembangan Ruang Publik Ramah Penyandang Disabilitas di Kota Malang (Studi di Alun-alun Kota Malang dan Taman Keluarga Merbabu Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peran Pemerintah dalam pengembangan ruang pubik yang ramah penyandang disabilitas merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh pemerintah dengan melaksanakan program-program kebijakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pengembangan ruang publik adalah meningkatkan dan perubahan secara bertahap dengan menjurus ke sasaran yang dikehendaki. Alun-alun Kota Malang dan Taman Keluarga Merbabu merupakan salah satu taman aktif di Kota Malang yang mulai aksesibel dengan penyandang disabilitas. Kedua taman ini memiliki daya tarik masing-masing dan cukup ramai dengan pengunjung. Pemberian fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas seperti adanya ramp dan guiding block atau jalur pemandu di kedua taman tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Malang, sedangkan situsnya berada di Alun-alun Kota Malang, Taman Keluarga Merbabu, dan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Malang. Sumber data primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Pemerintah dalam Pengembangan Ruang Publik Ramah Penyandang Disabilitas adalah (1) regulator yaitu menyeimbangkan penyelenggaraan penyediaan dan pengembangan ruang publik dengan penerbitan kebijakan dan peraturan, (2) dinamisator yaitu dengan menggerakkan partisipasi masyarakat dan pihak ketiga dalam proses pengembangan dan penyediaan, dan (3) fasilitator yaitu menciptakan kondisi yang kondusif dalam pelaksanaan pembangunan dengan menyediakan fasilitas khusus bagi disabilitas dan pemeliharaannya. Selain itu terdapat kendala dan upaya dalam penelitian, (1) Sumber Daya Manusia, dengan melakukan rolling tugas dan pemberian sosialisasi kepada petugas kepentingan; (2) Anggaran yang kurang memadai, upayanya melakukan kerjasama dengan CSR; (3) Kurangnya kesadaran masyarakat, diadakannya sosialisasi dan pemberian sanksi terhadap pelanggaran aturan; dan (3) Fasilitas yang kurang memadai, melakukan perencanaan perbaikan dan perawatan terhadap taman kota.

English Abstract

The role of the Government in the development of disability friendly public space is an action taken by the government by implementing policy programs in accordance with applicable regulations. The development of the public sphere is increasing and changing gradually by leading to the desired goal. Malang City Square and Merabu Family Park is one of the active parksin Malang City wich is beginning to be accesible for persons with disabilities. Both of these parks have their respective charms and are quite noisy with visitors. Provision of special facilities for persons with disabilities such as ramp and guiding block or guiding line in both parks. This research uses descriptive research type with qualitative approach located in Malang City, while the site is in Malang City Square, Merbabu Family Park, and Agency of Housing and Regional Settlement of Malang City. Primary data sources were obtained from interviews from related informants, while secondary data were obtained from documents relating to the research topic. The results of the research indicate that the role of government in the development of disability friendly public space is (1) the regulator is to balance the provision and development of public space with the issuance of policies and regulations, (2) the dynamator is by mobilizing the participation of the community and third parties in the process of development and provision, and (3) the facilitator is creating conditions conducive to the implementation of development by providing special facilities for disability and maintenance. In addition there are obstacles and efforts in research, (1) Human Resources, by rolling tasks and providing socialization to the interest officers; (2) Inadequate budget, its efforts to cooperate with CSR; (3) Lack of public awareness, socialization and sanctions against violations of the rules; and (3) Inadequate facilities, undertake planning of repair and maintenance of city parks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/715/051808922
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah, Pelayanan Publik, Ruang Publik, Disabilitas-Government Roles, Public Services, Public Space, Disabilities
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.4 People with physical disabilities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Oct 2019 06:50
Last Modified: 17 May 2022 07:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166851
[thumbnail of Della Putri Pandanu Asri.pdf] Text
Della Putri Pandanu Asri.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item