Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Kediri

Guntara, Claudio Canigia (2018) Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Badan Pusat Statistik adalah sebuah lembaga pemerintahan Non- Departemen yang bertanggung jawab langsung kepada presiden. Salah satu peranan dari Badan Pusat Statistik ialah menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat, sejalan dengan hal itu dilakukan kegiatan Survei Sosial Ekonomi Nasional atau Susenas. Namun dalam pelaksanaan kegiatan Susenas Badan Pusat Statistik Kabupaten Kediri dalam tingkat capaian dari setiap prosesnya lebih rendah dibandingkan dengan daerah lain dalam provinsi Jawa Timur. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk menganalisis permasalahan proses bisnis pelaksanaan Susenas pada Badan Pusat Statistik Kediri dan selanjutnya akan memberikan rekomendasi perbaikan proses bisnis. Langkah pertama ialah melakukan wawancara dan observasi untuk mengetahui proses bisnis yang berjalan dan kemudian dilakukan pemodelan proses dengan menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Terdapat tiga proses bisnis utama yaitu proses bisnis pemutakhiran blok sensus, proses bisnis pencacahan sampel rumah tangga dan proses bisnis pemeriksaan berkas. Selanjutnya melakukan analisis permasalahan dengan menggunakan metode Fault tree Analysis (FTA) untuk mendapatkan akar permasalahan dari setiap proses bisnis. Langkah selanjutnya perbaikan proses bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI) dengan tool Streamlining. Dari hasil perbandingan antara proses bisnis saat ini (as-is) dengan proses bisnis rekomendasi (to-be), pada proses bisnis pemutakhiran blok sensus mengalami percepatan waktu rata-rata 23.85%, pada proses bisnis pencacahan sampel rumah tangga mengalami percepatan waktu rata-rata 47.76% dan pada proses bisnis pemeriksaan berkas mengalami percepatan waktu rata-rata 8.15%. Dengan hasil rekomendasi perbaikan proses bisnis yang diberikan diharapkan dapat membantu intansi mengatasi permasalahan yang terjadi dan memperbaiki proses bisnisnya.

English Abstract

Badan Pusat Statistik is non-department government institutions which provide data for government and society needs, whereas the Survei Sosial Ekonomi Nasional well-known as Susenas was held. However, when the Sunesas program of Badan Pusat Statistik of Kediri executed, the level achievement from every process is lower than other regions in the province of East Java. Thus, based on the problems these studies are to analyzed business process Susenas Program problems and recommended the business process improvement. Then, collecting the data by interviewed and observed to know the existed business process using Business Process Model and Notation (BPMN). There are three main business processes, namely pemutakhiran blok sensus business process, pencacahan sampel rumah tangga business process, and pemeriksaan berkas business process. Then, analyze the problem using The Fault Tree Analysis (FTA) method to get the root cause of each business process. Then, improving the business process using Business Process Improvement (BPI) using Streamlining tool. From the result of the comparison between the as-is business process and the to-be business process showed that on the pemutakhiran blok sensus business process experienced an average time acceleration of 23.85%, on the pencacahan sampel rumah tangga business process experienced an average time acceleration of 47.76%, and on the pemeriksaan berkas business process experienced an average time acceleration of 8.15%. As is the recommendation of business process improvement is expected to help the institutions handle the existent problem by improving the business process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/897/051900248
Uncontrolled Keywords: Proses Bisnis, Business Process Improvement (BPMN), Fault Tree Analysis (FTA), Business Process Improvement (BPI).-Business process, Business Process Improvement (BPMN), Fault Tree Analysis (FTA), Business Process Improvement (BPI).
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Apr 2020 13:12
Last Modified: 17 May 2022 07:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166820
[thumbnail of Claudio Canigia Guntara.pdf] Text
Claudio Canigia Guntara.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item