Rancang Bangun 3d Oriented Mouse Controller Menggunakan Finite State Machine Berbasis Mikrokontroller Arduino

Yantama, Firdy (2018) Rancang Bangun 3d Oriented Mouse Controller Menggunakan Finite State Machine Berbasis Mikrokontroller Arduino. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, perkembangan teknologi pada bidang game yang begitu pesat telah menciptakan istilah baru yang disebut esports ( Electronic Sport) yang merupakan bidang olahraga elektronik. Hal ini memicu banyaknya bermunculan atlit professional pada bidang esports. Salah satu genre favorit pada esports adalah game first-person shooter (FPS). Para atlit esports dapat menghabiskan waktu 8 hingga 14 jam perhari untuk berlatih. Sedangkan pemain game yang hanya sekedar hobi dapat menghabiskan waktu 2 hingga 6 jam. Banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk diam di depan computer sehingga kurangnya aktifitas olahraga fisik dapat menimbulkan ancaman kesehatan seperti Carpal Tunnel Syndrome, cedera tangan, dan paru-paru melemah. Saat ini banyak dikembangkan controller game khusus yang bertujuan membuat penggunanya lebih aktif melakukan pergerakan fisik. Dengan dibuatnya sistem controller khusus pada game FPS yang bentuknya dan cara penggunaannya menyerupai senjata api sungguhan, pemain game akan memiliki pergerakan fisik yang lebih aktif. Selain itu juga akan memberikan pengalaman yang menarik terhadap penggunanya. Sistem dibuat dengan Arduino Uno yang menggunakan sensor accelerometer dan gyroscope yang memiliki 3D vector sebagai input. Arah sudut dari perhitungan pitch dan dari kedua sensor tersebut akan mengendalikan arah mouse. Complementary filter digunakan untuk menghasilkan nilai sensor yang lebih akurat. Sistem menggunakan Finite State Machine untuk state utama dan sub-state dalam fungsionalitas sistem. Dari hasil pengujian yang dilakukan didapatkan nilai stabilitas sensor memiliki error 0,861% sedangkan error akurasinya 1,61%. tingkat kepuasan pengguna berdasarkan standar user experience (UX) memberikan hasil Useful 76,64%, Accessible 76,38%, Usable 92,29%, dan Desirable 78,05%.

English Abstract

Nowadays, rapid developing technology on game created a new term, Electronic Sport (esports). Many newcomer esports athletes rise in number . one of the favorite category on esports is first-person shooter (FPS). These esports athletes can spend up 8 to 14 hours playing daily. While players whom play game as hobby can spend up 2 to 6 hours daily. lot of time spend by sit still on front of computer makes their body lacks physical movement, this cause health threat such as Carpal Tunnel Syndrome, hand injury, and weakened lungs. Therefore, a lot custom controller for games have been developed in order to give more body activities. Using custom controller system with physical appearance and functions like a real gun in FPS game, its player will have more body activity. This system give the user new experience in playing FPS games. System is using Arduino Uno with accelerometer and gyroscope as the pointer of 3d vector as input. Angle pointer from pitch and yaw calculation will determine the mouse movement. Complementary Filter is used in order to give more accuracy to the value generated by the sensors. Sistem will be implementing Finite-State Machine as main state and sub-state are needed for the sistem. Based on test to measure how stable and accurate the sensor, give error rate 0,861% and 1,61% for stable and accuracy respectively. The satisfication results of its users based on User Experience (UX) standards are Useful 76.64%, Accessible 76.38%, Usable 92.29%, and Desirable 78.05%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/778/051901884
Uncontrolled Keywords: game, user experience (UX), finite state machine, complementary filter, 3D vector, controller game, user experience (UX), pitch, yaw, 3D vector, controller
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.39 Computer engineering > 621.398 Interfacing and communication devices, peripherals > 621.398 1 Interfacing and communication devices
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Apr 2020 07:05
Last Modified: 19 Apr 2020 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166815
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item