Pengembangan Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit Guru (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Kota Malang)

Primarizki, Dimas Bhayu (2018) Pengembangan Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit Guru (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Profesi guru digolongkan ke dalam jabatan fungsisonal tertentu, sehingga sistem kenaikan pangkat guru juga berbeda dengan jabatan struktural. Guru dalam kenaikan pangkatnya berdasarkan Permen PAN-RB No.16 Tahun 2009 diperhitungkan dengan menggunakan angka kredit, yang diperhitungkan menurut beban pekerjaan dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan guru tersebut dalam periode masa penilaian. Pada setiap periode jumlah pengajuan yang masuk bisa mencapai ratusan. Setiap data yang masuk harus melalui proses pengecekan kelengkapan dan keabsahan berkas-berkas, serta rekapitulasi. Seluruh proses tersebut dilakukan secara manual dengan melewati berbagai macam birokrasi. Kondisi semacam ini dirasa sangat tidak efisien dan membuang banyak waktu. Maka dari itu diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat membantu menangani masalah tersebut. Proses pengecekan dan rekapitulasi dapat dipermudah dengan menggunakan Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit Guru yang dibangun dengan metode waterfall dan diimplementasikan pada platform website. Selanjutnya, dilakukan pengujian dengan menggunakan validation testing, compatibility testing, serta usability testing. Hasil dari validation testing yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik sesuai dengan fungsionalitasnya. Adapun hasil dari compatibility testing adalah sistem dapat berjalan dengan baik pada beberapa versi browser yang berbeda. Lalu dari hasil usability testing, menunjukkan bahwa sistem mendapatkan grade B yang berarti dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna.

English Abstract

Teachers are a profession that classified into several functional level, therefore the teacher promotion system is also different from the structural positions. Based on Permen PAN-RB No.16 Tahun 2009 are calculated using credit grades, which are calculated according to the workload and activities carried out by the teacher in the assessment period. In each period the number of submissions can reach hundreds. Every single data must go through the process of checking the completeness and validity of files, as well as the recapitulation. The whole process is carried out manually by passing various kinds of bureaucracy. Such conditions are felt to be very inefficient and waste a lot of time. Therefore an information system is needed to deal with the problem. The process of checking and recapitulation can be facilitated by using the Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit Guru that is built using the waterfall method and implemented on the website platform. Furthermore, testing is carried out using validation testing, compatibility testing, and usability testing. The results of validation testing that have been done show that the system can work properly according to its functionality. As for the results of compatibility testing, the system can run well on several different browser versions. Then from the results of usability testing, shows that the system gets B grades which means it can be easily used by the user.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/1013/051900805
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, PAK, waterfall model, validation testing, compatibility testing, usability testing, website-Information System, PAK, Waterfall model, Validation Testing, Compability Testing, Usability Testing, Website
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.1 Teachers and teaching, and related activities
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Aug 2019 06:57
Last Modified: 17 May 2022 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166799
[thumbnail of Dimas Bhayu Primarizki.pdf] Text
Dimas Bhayu Primarizki.pdf

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item