Pengembangan Sistem Tracking Lokasi Low Power Sleep Pada Rubber Band

Abidin, Rioadam Sayyid (2018) Pengembangan Sistem Tracking Lokasi Low Power Sleep Pada Rubber Band. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini tingkat kejahatan di dunia semakin banyak karma sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan. Salah satu tingkat kejahatan yang sering kita dengar adalah kasus tentang penculikan seorang ataupun kasus hilangnya seorang ini masih sering terjadi. Untuk menyelesaikan permasalahan mengenai kasus penculikan maupun kasus kehilangan seorang ini, dibuatlah sistem tracking low power pada wearable device ini agar dapat mengurangi tingkat kejahatan mengenai penculikan, dan kasus orang hilang. Sistem tracking lokasi ini didesain sekecil mungkin agar sistem dapat dibawa dengan mudah oleh seorang dalam berpergian, wearable device pada sistem ini diterapkan pada ikat pinggang. Sistem ini menggunakan U-Blox Neo 6M yang berfungsi untuk mendapatkan jaringan GPS, SIM 8001.. yang berfungsi untuk mendapatkan jaringan GPRS, arduino NANO yang befungsi sebagai pengolah input output dari sistem, dan power bank sebagai sumber daya utama yang digunakan sistem. Sistem ini dilengkapi dengan fitur sleep power mode yang dijadikan metode dalam proses pembuatan sistem yang berfungsi untuk menghemat pemakaian daya yang digunakan ketika sistem sedang bekerja. Pelacak dapat mengetahui keberadaan seorang pengguna sistem dengan cara menuliskan kata kunci yang telah ditentukan oleh sistem melalui SMS ke nomor telepon yang digunakan oleh sistem, kemudian sistem akan mengirimkan balasan berupa SMS berisikan data link titik koordinat yang dapat terhubung langsung dengan aplikasi Google Maps. Setelah melakukan pengujian pada komponen SIM 800L dengan keadaan sedang dalam posisi idle sebanyak 10 kali, tecatat bahwa pemakain arus yang digunakan sebesar 0.05A, setelah komponen SIM 8001_ di berikan metode sleep power arus yang dipakai dapat dihemat sebesar 0.01A sampai 0.04A, dan didapatkan hasil rata-rata penghematan arus pada komponen SIM 800L sebesar 0.033k Dengan menggunakan metode sleep power pada sistem tracking lokasi ini diharapkan sistem mampu memiliki daya pakai yang lebih lama ketika sistem sedang bekerja dan dapat mengurangi atau mencegah terjadinya kasus-kasus mengenai kehilangan seorang.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/51/051800911
Uncontrolled Keywords: tracking lokasi, Google maps, arduino NANO, GPS, GPRS, low power sistem
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.4 Astronautics > 629.474 3 Communication and tracking systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Apr 2020 03:19
Last Modified: 19 Apr 2020 03:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166777
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item