Politeness Strategies In Communications Between Go-Jek Riders And Their Customers In Malang

Oktaviani, Varindha Yoppy (2018) Politeness Strategies In Communications Between Go-Jek Riders And Their Customers In Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mendiskusikan tentang strategi kesopanan oleh pengemudi GO-JEK dan pelanggannya di Malang. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi tipe-tipe FTAs oleh pengemudi GO-JEK dan pelanggannya, untuk menganalisa tipe-tipe strategi kesopanan yang digunakan oleh pengemudi GO-JEK dan pelanggannya, dan untuk menemukan tujuan dari pengemudi GO-JEK dalam menggunakan strategi kesopanan saat berkomunikasi dengan pelanggannya. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teori dari Brown dan Levinson (1987) digunakan untuk menganalisa data. Strategi kesopanan adalah sebuah strategi yang digunakan untuk menghindari atau meminimalisir FTAs yang dilakukan oleh pembicara. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu, terdapat 36 pengemudi GO-JEK yang dipilih secara acak sebagai partisipan dalam penelitian ini. Setelah itu datanya dikurangi menjadi 19 percakapan yang dianggap alami. Ini ditemukan bahwa dari 19 percakapan, ada 165 ungkapan yang terdiri dari 56 FTAs positif dan 109 FTAs negative. Dalam ungkapan-ungkapan tersebut terdapat 37 strategi bald-on record, 66 positive politeness, 57 negative politeness, dan 5 strategi offrecord. Tujuan dari pengemudi GO-JEK dalam penggunaan strategi kesopanan kepada pelanggannya yaitu untuk mematuhi prosedur standar operasi oleh manajemen GO-JEK. Yang kedua yaitu karena kebutuhan untuk mendapatkan penilaian yang bagus dari pelanggannya. Yang ketiga yaitu karena para pengemudi dapat menjaga kesan yang bagus kepada pelanggannya jika mereka bisa memperlakukan pelanggannya dengan baik. Yang terakhir yaitu mereka mempertahankan pekerjaannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan kebutuhan hidup keluarganya. Penulis menyarankan peneliti-peneliti selanjutnya untuk meneliti pada objek-objek yang tidak standar dalam penggunaan prinsip kesopanan relatif dalam komunikasi. Penelitian ini bisa menjadi ilmu baru untuk mahasiswa linguistik untuk menerapkan dan mengambil keuntungan dalam analisis tindakan mereka di masa depan.

English Abstract

This study discusses politeness strategies performed by GO-JEK riders and their customers in Malang. The aims are to identify the FTAs performed by GO-JEK riders and their customers, to analyze politeness strategy employed by the riders and their customers, and to find out the purposes of GO-JEK riders for using politeness strategies in communicating with their customers. This study uses descriptive qualitative approach. It uses the theory from Brown and Levinson (1987) about politeness strategies to analyze the data. Politeness strategy is a strategy used to avoid or minimize the Face Threatening Acts (FTAs) that the speaker makes. The results indicate that there are 36 GO-JEK riders randomly chosen as participants of this study. After that, the data were reduced into 19 communications which were considered natural. It is found that from 19 communications, there are 165 utterances which consist of 56 positive FTAs and 109 negative FTAs. From those utterances, there are also 37 bald-on record strategies, 66 positive politeness, 57 negative politeness, and 5 off-record strategies. The purposes of GO-JEK riders for using politeness strategies to their customers in Malang are to obeying standard operating procedures by GO-JEK management. The second is because of the needs for getting a good rating from the customers. The third is because of the riders can keep their good images to the customers if they can treat them well. The last is they have to preserve their job to fulfill their life needs and their family needs. The writer suggests the next researchers to conduct studies on nonstandard objects in using relative politeness principle of communication. This could be resourceful to the linguistic students to reflect upon and take advantage of such systematic analysis for their course of action in the future.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/510/051900090
Uncontrolled Keywords: strategi kesopanan, FTAs, GO-JEK, pengemudi GO-JEK, pelanggan GO-JEK / politeness strategy, FTAs, GO-JEK, GO-RIDE riders, GO-JEK customers
Subjects: 400 Language > 415 Grammar of standard forms of languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Apr 2020 06:41
Last Modified: 17 Jun 2022 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166754
[thumbnail of Varindha Yoppy Oktaviani.pdf] Text
Varindha Yoppy Oktaviani.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item