Pemahaman Penggunaan Kansha Hyougen Oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Dan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Rahmadani, Putri A’isyah (2018) Pemahaman Penggunaan Kansha Hyougen Oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Dan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pemahaman Penggunaan Kansha Hyougen oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang dan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya”. Dalam budaya Indonesia maupun Jepang ungkapan terima kasih adalah budaya yang harus dimiliki semua orang untuk menghormati kerja keras orang lain setelah membantu hal sekecil apapun kepada kita. Ketika mempelajari suatu bahasa maka kita juga perlu untuk mempelajari budayanya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa bahasa Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya yang telah lulus JLPT N3 mengenai penggunaan kansha hyougen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala, atau keadaan dilakukan dalam setting yang alamiah tanpa adanya intervensi apa pun dari peneliti. Penelitian ini kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa : 1) Sebanyak 101 butir jawaban responden menunjukkan kemampuan penggunaan kansha hyougen oleh responden sesuai nuansanya, dan penggunaan yang paling dominan benar/sesuai adalah tipe kansha gata. 2) Dari hasil kesimpulan penggunaan kansha hyougen tersebut diketahui bahwa penyebab kesalahan pemahaman berbahasa oleh responden adalah ketidaktahuan akan pembatasan kaidah (ignorance of rule restriction) yang disebabkan responden tidak mengetahui pembagian karakteristik dari jenisjenis kansha hyougen yang dibuktikan dengan sebanyak 45% jawaban responden yang belum sesuai antara penggunaan dengan pemahaman nuansanya.

English Abstract

-

Other obstract

本稿のテーマは「ブラウイジャヤ大学の日本語学習者における感謝 表現の使い分けの理解」である。インドネシアと日本の文化でも感謝表現 とは重要なものである。なぜかと言うと他者から何らかの恩恵を受けた場 合、 他社の苦労を敬意するために感謝を表明する。 言語を学ぶ際、ニュア ンスの理解のために文化を学ぶ必要もある。 従って、ブラウイジャヤ大学 の日本語学習者を対象にどこまでニュアンスを理解できるのか、日本語能 力試験 N3 の証明書を持って行っても、ちゃんと感謝表現の使い分けがど こまで理解できたのかを、それに対して研究をすでに多く発表されている。 本稿は量的研究であるため、研究調査は量的にデータを収集し、総 計によって分析した。研究結果として、次のことが分かった。 1) 180 個 の回答の中では 101個の回答が正しい。つまり、約 70%の場面で日本語学 習者が感謝表現の使い分けを理解した。それに対して、感謝表現のタイプ では一番理解やすいのが感謝型である。 2) 残りの場面で理解できない理 由はルールの制限の無知である。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/128/051805662
Uncontrolled Keywords: Pragmatik, Kansha Hyougen, Kemampuan Berbahasa, キーワード:語用論、感謝表現、日本語能力
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:15
Last Modified: 19 Sep 2019 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166742
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item