Pengembangan Sistem Layanan Pengajuan Surat Warga Pada Kelurahan Sukun di Kota Malang

Arifin, Rizky Aditya (2018) Pengembangan Sistem Layanan Pengajuan Surat Warga Pada Kelurahan Sukun di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu strategi yang diterapkan oleh Kelurahan Sukun di Kota Malang dalam pengajuan surat warga yaitu dengan melakukan pengajuan surat warga secara online. Pengajuan surat warga secara online ini sangat perlu dilakukan karena banyaknya warga yang melakukan pengajuan surat terhadap kelurahan. Kelurahan Sukun sudah memiliki beberapa pengajuan surat warga yang diimplementasikan pada sistem. Namun sistem tersebut masih belum dapat mengatasi permasalahan – permasalahan yang ada dan hanya dilakukan pada Kelurahan Sukun Malang saja namun tidak untuk RT dan RW. Permasalahan tersebut yaitu proses yang lama saat warga melakukan pengajuan surat warga dengan banyaknya warga yang melakukan pengajuan dan pengajuan yang sedang dilakukan saat ini masih menggunakan kertas yang banyak. Sehingga diperlukan suatu sistem untuk mengatasi permasalahan – permasalahan tersebut, yaitu pengajuan surat warga secara online. Sistem ini digunakan untuk melakukan pengajuan surat warga, melihat detail surat yang diajukan oleh warga, menverifikasi surat pengajuan yang diajukan oleh warga dan mencetak surat pengajuan. Hasil dari analisis pada penelitian ini didapatkannya 58 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non fungsional dari 6 aktor yang memiliki peran di dalam sistem. Pada penelitian ini dilakukan pengujian fungsional yang menggunakan metode white box dan black box dengan melakukan pengujian unit, integrasi dan validasi. Hasil dari pengujian unit menghasilkan nilai 100% valid untuk 3 kebutuhan fungsional yang diuji, lalu hasil dari pengujian integrasi menghasilkan nilai 100% valid untuk 3 kebutuhan fungsional yang diuji dan untuk hasil pengujian validasi menghasilkan nilai 100% valid untuk semua kebutuhan fungsional yang artinya sistem tersebut sudah sesuai dengan analisis kebutuhan. Pada pengujian non fungsional menggunakan pengujian compatibility yang diharapkan sistem bisa digunakan pada lingkungan pengembangan yang berbeda atau pada browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Exlporer, Microsoft Edge dan Opera.

English Abstract

One of the strategies applied by the Sukun Malang Village in filing citizen letters is by submitting citizen letters online. Submission of citizen letters online is very necessary because there are many residents who submit letters to the kelurahan. Sukun Urban Village has several submissions of citizen letters implemented on the system. However, the system still cannot overcome the problems that exist and is only done in the Sukun Malang Village, but not for RT and RW. The problem is a long process when residents submit a citizen letter with the number of residents who make submissions and submissions that are currently being carried out are still using a lot of paper. So that a system is needed to overcome these problems, namely submitting citizen letters online. This system is used to submit citizen letters, see details of letters submitted by residents, verify submission letters submitted by residents and print a letter of submission. The results of the analysis in this study obtained 58 functional requirements and 1 nonfunctional requirement from 6 actors who had roles in the system. In this study functional testing was carried out using white box and black box methods by conducting unit testing, integration and validation. The results of unit testing produce 100% valid values for 3 functional requirements tested, then the results of integration testing produce 100% valid values for 3 functional requirements tested and for validation test results produce 100% valid values for all functional requirements which means the system already in accordance with the needs analysis. In non-functional testing using compatibility testing, the system is expected to be used in different development environments or in browsers such as Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Exlporer, Microsoft Edge and Opera.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/938/051900592
Uncontrolled Keywords: pengajuan surat warga online, kelurahan sukun malang, pengajuan surat warga.-submission of citizen letters online, Malang Sukun village, submitting citizen letters.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 Apr 2020 13:46
Last Modified: 18 May 2022 06:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166694
[thumbnail of Rizky Aditya Arifin.pdf] Text
Rizky Aditya Arifin.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item