Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Pemberdayaan Sentra Industri Mebel (Studi Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Pasuruan)

Caroline, - (2018) Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Pemberdayaan Sentra Industri Mebel (Studi Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era otonomi daerah dan perdagangan bebas yang ada di Indonesia, industri kecil memberikan kontribusi terhadap pembangunan perekonomian negara. Produk industri kecil dan menengah (IKM) mebel di Kota Pasuruan sangat berpotensi untuk dikelola menjadi produk yang berkualitas ekspor, dan produk industri ini pula merupakan produk unggulan dari Kota Pasuruan. Namun adanya kendala dan permasalahan yang dihadapi pemerintah dalam peranannya dalam memberdayakan industri kecil mebel yakni pada pemasaran produk, permodalan, pemerolehan bahan baku, dan fasilitas yang masih kurang. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menjawab : 1) Bagaimana Peran Dinas Perindustrian, dan Perdagangan dalam meningkatkan pengembangan ekonomi lokal melalui pemberdayaan sentra industri mebel di Kota Pasuruan? Berkaitan dengan hal tersebut maka dalam peranan pemerintah daerah dalam pengembangan ekonomi lokal melalui pemberdayaan sentra industri mebel di Kota Pasuruan ini didasarkan pada beberapa landasan teori yang digunakan adalah Pemerintah Daerah, Pengembangan Ekonomi Lokal, Pemberdayaan, dan Industri Kecil dan Menengah. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan memfokuskan permasalahan pada Peran Dinas Perindustrian, dan Perdagangan dalam meningkatkan pengembangan ekonomi lokal melalui pemberdayaan sentra industri mebel di Kota Pasuruan. Penelitian ini dilakukan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data yang dipergunakan adalah model analisis data Miles Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian merujuk pada pelaksanaan pemberdayaan industri kecil menengah sentra industri mebel tersebut telah dilaksanakan oleh Disperindag dengan baik. Dibuktikan dengan adanya perubahan pada peningkatan hasil sektor produktifitas pada tiap tahunnya, karena adanya peranan pemerintah dalam pemberian beberapa fasilitas untuk industri kecil menengah seperti bantuan permodalan, pemberian pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja industri yang mampu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, serta bantuan pemasaran hasil industri kecil. Diharapkan dengan adanya program pemberdayaan yang telah dibuat pemerintah mampu lebih meningkatkan lagi perekonomian yang ada di kawasan sentra industri mebel di Kota Pasuruan.

English Abstract

In this autonomy era and free commerce in Indonesia, small industry gives contribution on the economic development of the country. The product of small furniture industry (IKM) in Pasuruan city qualified to manage become product which is eksport quality, and this industry product as the main product from Pasuruan city. But there are still many obstacles and problems that has to face of the government on doing the role to empowerment the furniture small industry on the market product, capitalization, how to get raw material and need more facilities. Therefore, this research goals to answered the questions of : 1) How the role of industry and commerce department to increase the local development through empowerment of furniture central industry in Pasuruan city? Related with that role of the goverment on the local economic development through the furniture central industry in Pasuruan city based on the theory which is used of the area government, local economic government, empowerment and intermediate small industry. In this research use the qualitative research method with descriptive approach by focus on the matter of industry and commerce department role to increase the local economic development through empowerment of the furniture central industry in Pasuruan. This research doing by observation, interviewed, and documentation. This data analysis type used of the Miles Huberman and Saldana data analisys type which is contain of collecting the data, reductioning data, serving data and taking the conclusion. The result of this research based on the held of empowerment on intermediate small industry of furniture small central occurs very well by Disperindag. That evidence show on the changes of increasing result productivity every years, cause role of the government on giving many facilities for intermediate small industry by giving the capitalization, education and training for industry employment can be increase the quality human resources and find out the market for small industry product. Hopefully with the empowerment programme has made by the government can be increase the economic on furniture central industry area in Pasuruan city

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/787/05180425
Uncontrolled Keywords: Peran, Pemberdayaan, Industri Kecil Menengah, Role, Empowerment, Intermediate small industry
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Apr 2020 06:26
Last Modified: 02 Mar 2022 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166691
[thumbnail of Dina Aqmarina Dalilati.pdf]
Preview
Text
Dina Aqmarina Dalilati.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item