Maulidia, Sheila (2018) Evaluasi dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus : Divisi PPID Komisi Pemilihan Umum Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Divisi PPID KPU Kota Malang merupakan suatu divisi yang ada di KPU Kota Malang yang memiliki fungsi sebagai divisi yang menyediakan, melayani dan menerbitkan permintaan informasi publik seperti data hasil pemilu, data daftar pemilih tetap pemilu, data jumlah difabel di Kota Malang, dan lainnya yang merupakan salah satu kewenangan KPU Kota Malang. Dalam kegiatan operasionalnya, beberapa proses masih belum optimal. Proses yang tidak optimal tersebut antara lain, data yang tidak terintegrasi dengan baik karena masih terpisah-pisah dan dapat menyebabkan duplikasi data, kehilangan data karena human eror, informasi yang tidak ter-update secara cepat yang diakibatkan oleh pengelolaan informasi yang tidak mencangkup seluruh bagian. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk melakukan evaluasi proses bisnis yang ada pada divisi PPID KPU Kota Malang. Sebelum dilakukan evaluasi, proses bisnis dimodelkan dengan menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Setelah dilakukannya evaluasi, maka langkah selanjutnya akan dilakukan perbaikan proses bisnis. Pada empat proses bisnis yang ada di divisi PPID KPU Kota Malang, dilakukan penyusunan rekomendasi proses binsis pada keempat proses bisnis tersebut dikarenakan masing-masing proses memiliki nilai RPN tertinggi dari hasil evaluasi yang telah dilakukan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Aktivitas yang memiliki nilai RPN tertinggi selanjutnya dibuatkan rekomendasi proses bisnis dengan menggunakan Business Process Improvement (BPI). Hasil dari rekomendasi proses bisnis yang telah dilakukan, terjadi peningkatan sebersar 65.47% pada proses bisnis penerimaan permohonan informasi publik, peningkatan sebesar 99.47% pada proses bisnis penyusunan laporan, peningkatan sebesar 28.33% pada proses bisnis pengesahan laporan dan peningkatan sebesar 97.46% pada proses bisnis umpan balik laporan.
English Abstract
PPID department on KPU Malang city is a department that its function is to provide, serve, and publish public information. In the daily operation, some processes are still not optimal like data is not integrated, loss of data because of human error, and information that is not updated on timely manner because of poor management of information. Based on those mistakes, this research aim to evaluate current business process on PPID. Business process is modeled using Business Process Model and Notation (BPMN). After modeling the business process, the next step is to evaluate the business process and improving the business process. After the business processes are evaluated using Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), the result is Risk Priority Number (RPN). Each of highest RPN from four business processes are solved using Business Process Improvement (BPI) method. The results of business process improvement are time improvement of 65.47% per process on penerimaan permohonan informasi publik process, time improvement of 99.47% per process on penyusunan laporan process, time improvement of 28.33% per process on pengesahan laporan process, and 97.46% per process on umpan balik laporan process.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/884/051900235 |
Uncontrolled Keywords: | Proses Bisnis, Business Process Improvement (BPMN), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Business Process Improvement (BPI)-Business process, Business Process Improvement (BPMN), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA, Business Process Improvement (BPI) |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 650.1 Personal success in business |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 10 Apr 2020 06:02 |
Last Modified: | 18 May 2022 05:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166689 |
![]() |
Text
Sheila Maulidia.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |