Evaluasi Dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi EzySchool

Arifin, Ikrima Nuha (2018) Evaluasi Dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi EzySchool. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi EzySchool adalah aplikasi untuk mengontrol aktivitas peserta didik di sekolah. Aplikasi yang ditujukan untuk orang tua peserta didik ini dikembangkan sejak 2017, tetapi belum menerapkan prinsip-prinsip perancangan User Experience (UX) yang baik dan benar. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi UX meskipun desain User Interface (UI) Aplikasi EzySchool telah cukup baik untuk mengetahui tingkat keberhasilan UX yang diterapkan agar memenuhi ekspektasi penggunanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan permasalahan usability berdasarkan prinsip heuristik sekaligus merancang desain solusinya berdasarkan saran evaluator, severity ratings dan Google Material Design (guidelines). Pendekatan Human-Centered Design (HCD) digunakan karena pendekatan pengembangan desain dan sistem interaktifnya berfokus pada user dan kebutuhan user. Metode Heuristic Evaluation (HE) pun digunakan untuk menemukan dan menilai temuan permasalahan usability berdasarkan prinsip heuristik dengan bantuan expert sebagai evaluator. Pengumpulan data awal dilakukan dengan melakukan interview dengan stakeholder EzySchool mengenai analisis konteks penggunaan aplikasi. Kemudian, dilakukan pengujian heuristik awal (melibatkan 3 evaluator) yang menghasilkan 17 temuan masalah sebagai acuan dasar kebutuhan pengguna untuk merancang desain solusi. Hasil penelitian ini adalah perbandingan hasil evaluasi awal dan desain solusi beserta desain solusi dengan UX yang lebih baik yang ditunjukkan dengan penurunan 10 masalah heuristik sehingga hanya ditemukan 7 masalah pada desain solusi.

English Abstract

EzySchool is an application to control the student activities at school. This application intended for parents of students have been developed since 2017, but have not implemented User Experience (UX) design principles well and correctly. Therefore, it’s necessary to evaluate UX even though the EzySchool’s User Interface (UI) design is good enough to know the success rate of UX to meet user expectations. The objectives are to find usability problems based on heuristic principles while designing the solution design based on evaluator suggestions, severity ratings and Google Material Design (guidelines s). The Human-Centered Design (HCD) approach is used because the design development approach and interactive system focus on the user and user needs. The Heuristic Evaluation (HE) method was used to find and assess usability problems based on heuristic principles with the help of experts as evaluators. The initial data collection was carried out by conducting interviews with EzySchool stakeholders regarding the analysis of the application usage context. Then, initial heuristic test (involving 3 evaluators) was conducted which produced 17 problems as a baseline for user needs to design a solution design. The results of this study are a comparison of the results of the initial evaluation and solution design along with the design of the solution with a better UX which is indicated by a decrease of 10 heuristic problems so that only 7 problems were found in the solution design.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/935/051900589
Uncontrolled Keywords: evaluasi, UI, UX, HCD, HE.-evaluation, UI, UX, HCD, HE.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.437 User interfaces
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 May 2019 03:00
Last Modified: 18 May 2022 04:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166676
[thumbnail of Ikrima Nuha Arifin.pdf] Text
Ikrima Nuha Arifin.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item