Analisis Tingkat Kesejahteraan Tenaga Kerja Outsourcing Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada PT PJB UP Paiton Probolinggo)

Agdianasari, Retno (2018) Analisis Tingkat Kesejahteraan Tenaga Kerja Outsourcing Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada PT PJB UP Paiton Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan tenaga kerja outsourcing di PT PJB UP Paiton Probolinggo dalam prespektif ekonomi Islam serta mengetahui hubungan Upah dan Jaminan sosial terhadap kesejahteraan mereka. Metode pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari lapangan melalui kuesioner yang menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan sampel 85 responden dari 535 tenaga kerja outsourcing muslim 2017 di PT PJB UP Paiton Probolinggo. Data diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS 21.0. Kemudian dilakukan analisis deskriptif (distribusi frekuensi) dan alat yang digunakan untuk menganalisis dari data yang diperoleh dengan menggunakan regresi linear berganda. Sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan alat uji nilai probabilitas yang akan mengukur nilai probabilitas korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga kerja outsourcing telah mencapai kesejahteraan yang ditinjau dengan prinsip maqashid syariah dan tingkat upah serta jaminan sosial berbanding lurus dengan kesejahteraan tenaga kerja outsourcing di PT PJB UP Paiton. Dengan demikian jika terjadi peningkatan pada upah dan jaminan sosial maka akan terjadi peningkatan pada kesejahteraan tenaga kerja outsourcing.

English Abstract

This research aims to determine the welfare of outsourced workers from the perspective of Islamic Economics and to recognize the relationship of wages and social security against their well-being in PT PJB UP Paiton Probolinggo. Quantitative approach is used with primary data to obtained from the field through the use of Likert scale questionnaire. This research is using sample of 85 respondents from 535 Muslim outsourced workers 2017 in PT PJB UP Paiton Probolinggo. The data are tested with validity and reliability test using IBM SPSS 21.0. Then data is analyzed with multiple linear analyzed (frequency distribution). While to test the hypothesis used test value probability that will measure the value of the probability of correlation. The results showed that outsourced workers has achieved prosperity reviewed with a principle of Islamic trends and levels of wages and social security is directly proportional to the welfare of outsourced workers in PT PJB UP Paiton. Thus if there is an increase in wages and social security will be an increase in well-being outsourced workers.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/156/051804546
Uncontrolled Keywords: Upah, Jaminan Sosial, Kesejahteraan Tenaga Kerja Outsorcing dalam Prespektif Ekonomi Islam Wages, Social Security, The Welfare of Outsourced Workers from The Perspective of Islamic Economic
Subjects: 300 Social sciences > 331 Labor economics > 331.2 Conditions of employment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Aug 2019 07:15
Last Modified: 16 Oct 2021 04:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166673
[thumbnail of Retno Agdianasari.pdf]
Preview
Text
Retno Agdianasari.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item