Kesalahan Pelafalan /Su/ (す) Dan /Tsu/ (つ) Dalam Bahasa Jepang Pada Siswa Sma Kelas Xii Lm Sma Brawijaya Smart School

Hardyanto, Tito Rizaldi (2018) Kesalahan Pelafalan /Su/ (す) Dan /Tsu/ (つ) Dalam Bahasa Jepang Pada Siswa Sma Kelas Xii Lm Sma Brawijaya Smart School. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah cara pelafalan /Su/ (す) dan /Tsu/ (つ) dengan benar. Cara pelafalan tersebut menyebabkan seringnya terjadi kesalahan. Sehingga penulis menetapkan judul “Kesalahan Pelafalan /Su/ (す) Dan /Tsu/ (つ) Dalam Bahasa Jepang Pada Siswa SMA Kelas XII LM SMA Brawijaya Smart School”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan serta untuk mengetahui penyebab kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sumber data penelitian berupa kesalahan pelafalan konsonan /Su/ (す) dan /Tsu/ (つ) yang diperoleh dari hasil rekaman suara dan angket. Rekaman suara dan angket dilakukan oleh 13 siswa SMA kelas XII LM Brawijaya Smart School sebagai responden. Selanjutnya, hasil rekaman suara dan angket tersebut dianalisis berdasarkan jenis kesalahan serta penyebab kesalahan. Penulis melakukan metode pretest dan post-test untuk membandingkan hasil penelitiannya. Pada test pertama ditemukan 47,70% siswa yang menjawab benar. Sehingga penulis melakukan treatment karena belum mencapai target penilaian. Pada test kedua diperoleh 73,00% siswa yang menjawab benar. Dari hasil tersebut diketahui adanya peningkatan sebanyak 25,30% dari siswa yang menjawab benar. Hasil penelitian menunjukkan ditemukan kesalahan pelafalan dengan persentase 52,31%. Sedangkan, faktor penyebab kesalahannya karena terpengaruh bahasa yang terlebih dahulu dikuasai sebanyak 38,50%, kekurangpahaman terhadap bahasa yang dikuasai sebanyak 61,50%, dan pengajaran bahasa yang kurang tepat sebanyak 7,70%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahannya bergantung pada sarana atau bahasa yang digunakan. Hal itu dapat mempengaruhi kesalahan yang terjadi pada pemahaman mengenai pelafalan. Penyebab kesalahan utama adalah kekurangpahaman pemakai bahasa terhadap bahasa yang dipakainya (61,50%). Siswa kelas XII LM SMA Brawijaya Smart School diharapkan agar sering melatih pelafalannya dan lebih memperhatikan pengajar saat menjelaskan. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan peneliti membahas media atau metode pembelajaran untuk materi pelafalan.

English Abstract

The background of this research is the way of pronunciation / Su / (す) and / Tsu / (つ) correctly. This way of pronunciation causes frequent errors. So the author sets the title of "Error Pronunciation / Su / (す) And / Tsu / (つ) In Japanese In High School Students XII LM Brawijaya Smart School". The purpose of this study is to determine the type of error and to determine the cause of the error. This research uses descriptive quantitative method. Sources of research data consist of pronunciation / Su / (す) and / Tsu / (つ) misconduct obtained from sound recording and questionnaire. Voice recording and questionnaire were conducted by 13 high school students of class XII LM Brawijaya Smart School as respondents. Furthermore, the results of voice recording and questionnaire are analyzed based on the type of error and the cause of the error. The author performs a pretest and post-test method to compare the results of his research. In the first test found 47.70% of students who answered correctly. So the authors do the treatment because it has not reached the target assessment. In the second test obtained 73.00% of students who answered correctly. From these results it is known that there is an increase of 25.30% of the students who answered correctly. The results of the study showed that the error of pronunciation with the percentage of 52.31%. Meanwhile, the cause of the error because influenced the first language mastered as much as 38.50%, lack of understanding of the language controlled as much as 61.50%, and less precise language teaching as much as 7.70%. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the type of error depends on the means or language used. It can affect the mistakes that occur in understanding the pronunciation. The main cause of error is the lack of understanding of the language user on the language it uses (61.50%). The students of grade XII LM SMA Brawijaya Smart School are expected to often practice their pronunciation and pay more attention to the teacher when explaining. For further research is expected to discuss the media or learning methods for the material pronunciation.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/154/051806062
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Pelafalan, Su Dan Tsu, Bahasa Jepang, Error Pronounciation, Su And Tsu, Japanese Languag
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Aug 2019 07:50
Last Modified: 30 Mar 2022 04:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166630
[thumbnail of Tito Rizaldi Hardyanto.pdf]
Preview
Text
Tito Rizaldi Hardyanto.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item