Makna Kata Kerja Gabungan (Fukugoudoushi) ~Dasu Dalam Lirik Lagu Grup Musik L’arc-En-Ciel

Apsari, Dwita Nabilah (2018) Makna Kata Kerja Gabungan (Fukugoudoushi) ~Dasu Dalam Lirik Lagu Grup Musik L’arc-En-Ciel. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam mempelajari suatu bahasa, kosakata sangat penting untuk dipelajari. Salah satu jenis kosakata yang dipelajari adalah kata kerja (doushi). Fukugoudoushi adalah kata kerja gabungan yang terdiri dari dua atau lebih kata yang membentuk satu kata kerja. Penulis memilih untuk meneliti tentang makna fukugoudoushi ~dasu karena sering muncul perbedaan makna yang disebabkan oleh beberapa hal, yaitu kata kerja depan dalam fukugoudoushi yang mempengaruhi makna, penggabungan kata kerja yang mengubah makna dan penggunaan fukugoudoushi ~dasu dalam kalimat. Penulis menggunakan lirik lagu milik grup musik L’Arc-en-Ciel sebagai sumber data karena penulis berasumsi bahwa mempelajari fukugoudoushi bisa melalui berbagai macam sumber, baik tertulis maupun lisan. Teori yang digunakan adalah teori klasifikasi fukugoudoushi ~dasu dari Teramura berdasarkan fitur gramatikal penyusunnya, yang kemudian dijabarkan lebih mendalam menggunakan teori dari Hino mengenai pembagian fukugoudoushi ~dasu berdasarkan fitur gramatikalnya. Metode penelititan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam lirik lagu milik grup musik L’Arc-en-Ciel ditemukan sebanyak 22 fukugoudoushi ~dasu yang terbagi sebagai berikut: tipe V-V sebanyak enam fukugoudoushi, tipe V-v sebanyak 15 fukugoudoushi, dan tipe v-V sebanyak satu fukugoudoushi. Untuk tipe v-v terdapat tiga fukugoudoushi yang termasuk dalam tipe V-V dan V-v. 2) Kata ~dasu dalam fukugoudoushi ~dasu selain menunjukkan pergerakan ke luar secara nyata juga menunjukkan pergerakan ke luar secara abstrak. Klasifikasi fukugoudoushi ~dasu menunjukkan bahwa fukugoudoushi ~dasu ada yang bisa dikatakan sebagai V1te dasu yang termasuk dalam tipe V-V dan ada yang tidak bisa dikatakan sebagai V1te dasu yang termasuk dalam tipe V-v dan v-V. 3) Arti fukugoudoushi ~dasu dalam lirik lagu disesuaikan dengan kata sebelum atau sesudahnya dalam kalimat lirik lagu tersebut. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan sumber yang lebih beragam, meneliti perubahan makna dari fukugoudoushi ~dasu ke fukugoudoushi ~deru atau sebaliknya, dan apabila menggunakan sumber berupa karya sastra meneliti tentang kemungkinan makna denotatif (makna sesungguhnya) dan makna konotatif (makna kiasan).

English Abstract

-

Other obstract

言語を勉強するとき、 語彙は学ぶことが非常に重要である。 学ばれ た語彙タイプの一つは動詞である。複合動詞は動詞を構成する二つ以上の 単語からなる結語動詞である。研究者は複合動詞「~出す」を調べること を選択した。いくつかの原因によって意味の違いが現れるからである。す なわち影響する複合動詞の前項と後項、意味に影響する動詞を組み合わせ ると文に複合動詞「~出す」の使い方である。研究者は研究情報源として 『L’Arc-en-Ciel』の歌詞を使った。研究者は複合動詞の学習書かれたもの と口頭もののいろいろな情報源を介して行われると仮定しているからであ る。 使用された理論は文法的特徴に基づく寺村の複合動詞分類である。 その後意味に基づいて複合動詞「~出す」の分類に日野の理論を使用して いる。使用される研究方法は記述的な定性的である。 分析の結果は:1)『L’Arc-en-Ciel』の歌詞におけるは 22 個の複合 動詞「~出す」が見つかった。そのうち、 V-V タイプは 6 個、 V-v タイプ は 15 個、 v-V タイプは 1 個が見つかった。 v-v タイプは V-V タイプと V-v タイプに含まれる語は 3 個が見つかった。 2)複合動詞「~出す」の「出 す」は実際の外へ移動することを示すことに加えて抽象的な外へ移動する ことも示す。複合動詞「~出す」の分類は「V1 て出す」と言える語と 「V1 て出す」と言えない語を示す。「V1 て出す」と言える語は V-V タイ プに含まれる。「V1 て出す」と言えない語は V-v と v-V のタイプに含ま れる。3)歌詞における複合動詞「~出す」の意味は文の中で前後に調整 された。次の研究のための提案はより多様な情報源を使用して、 複合動詞 「~出す」から複合動詞「~出る」への変更、またはその逆の研究。文学 作品の情報源をしようする場合、本物の意味と比喩的な意味の可能な意味 を調べる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/311/051806672
Uncontrolled Keywords: Makna,Fukugoudoushi, ~dasu, Lirik Lagu, キ―ワ―ド :意味、複合動詞、~出す、歌詞
Subjects: 700 The Arts > 782 Vocal music > 782.4 Secular forms > 782.42 Songs
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Oct 2019 02:27
Last Modified: 30 Mar 2022 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166617
[thumbnail of Dwita Nabilah Apsari.pdf]
Preview
Text
Dwita Nabilah Apsari.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item