Students’ Perception On The Use Of Duolingo As English Learning Media In Android

Alamudi, Jeehan (2018) Students’ Perception On The Use Of Duolingo As English Learning Media In Android. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini menyajikan sebuah studi kasus tentang persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Duolingo sebagai media belajar Bahasa Inggris dalam android. Oleh karena itu, masalah dari penelitian ini adalah “bagaimana persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Duolingo sebagai media belajar Bahasa Inggris dalam android”. Melalui penggabungan metode deskriptif (kuantitatif dan kualitatif), semua data diperoleh melalui dua instrumen. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah kuisioner dan panduan wawancara. Data dari kuisioner dihitung menggunakan Tally System dari Creswell (2012). Kemudian, data dari wawancara dianalisis secara deskriptif setelah dikelompokkan kedalam aspek yang terkait. Para peserta dari kuisioner adalah 14 orang mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2016 di Universitas Brawijaya. Peserta penelitian untuk wawancara adalah dua mahasiswa sebagai sampel dari 14 mahasiswa untuk kuisioner sebelumnya yang bernama koresponden pertama dan kedua (nama samara) yang dipilih berdasarkan durasi penggunaan aplikasi Duolingo untuk belajar Bahasa Inggris. . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang mendukung terhadap aplikasi Duolingo sebagai media belajar Bahasa Inggris dalam android. Para mahasiswa menyatakan bahwa aplikasi Duolingo mudah digunakan. Hasil dari penelitian ini juga mengungkapkan bahwa belajar Bahasa Inggris menggunakan Duolingo dalam android menarik untuk memotivasi mahasiswa yang tidak memiliki ketertarikan dalam belajar Bahasa Inggris. Berikutnya, hasil dari penelitian ini menunjukkan kedua responden dari wawancara cenderung tetap menggunakan Duolingo sebagai media belajar Bahasa Inggris. Lebih jauh lagi, hasil dari penelitian ini juga mengungkap masalah yang biasa ditemui oleh mahasiswa melalui media digital. Masalah tentang beberapa materi yang ada dalam Duolingo terlalu mudah untuk mahasiswa. Untuk mengatasi masalah ini, para pengembang aplikasi harus membuat bentuk materi yang lebih baik yang lebih setara dengan tingkatan mahasiswa. Hasil dari penelitian ini diharapkan member manfaat bagi dosen, mahasiswa, tim pengembang aplikasi, dan peneliti selanjutnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dosen mempertimbangkan media pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan Duolingo untuk memotivasi mahasiswa. Untuk mahasiswa, peneliti menyarankan untuk memanfaatkan Duolingo sebagai media belajar untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. dan yang terakhir bagi peneliti selanjutnya, penelitiviii merekomendasikan menggunakan penelitian yang sama menggunakan objek aplikasi pembelajaran yang berbeda dengan lebih banyak koresponden agar dapat membuat penelitian yang lebih kompleks.

English Abstract

This undergraduate thesis presents a case study about Students’ Perception on the Use of Duolingo as English Learning Media in Android. Therefore, the research problem was “how students’ perception through the use of Duolingo as English learning media in android”. Through descriptive mix method, all the data were obtained through two instruments. The instruments used were questionnaire and interview guide. The data from questionnaire were count used Tally System from Creswell (2012). Then, the data from interview were analyzed descriptively after being classified into related aspects. The research participants of the questionnaire were 14 students of English Education Student Batch 2016 in Universitas Brawijaya. The research participants of the interview were two students as sample of 14 student participant namely first and second respondent (pseudonyms) that were determined by their duration of used Duolingo to learned English Language. The results of this study showed that students had a positive perception to Duolingo as English learning media in android. The participants stated that Duolingo is easy to be used. The results of this study also revealed that learning English through Duolingo in android was attractive to motivated learners who had no interest in learning English. The next, the results of this study showed that both participants from interview tended to keep used Duolingo as English learning media in android. Furthermore, the results of this study also revealed the common problem faced by university learners in digital media. The problem about some material in Duolingo was too easy for university learners. To solve these problems the developers should made a better form that more related to each level of the students. The result of this study is expected to give significances for lecturers, students, developers, and further researchers. It is expected that lecturers could consider English learning media trough Duolingo to motivate the students. For students, the researcher suggested to make use of Duolingo as media to improve English skills. And the last for further researcher, the researcher recommended using similar research use another object of educational application with more participants to conducting more complex study

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/392/051808513
Uncontrolled Keywords: Students’ Perception, Duolingo, English Learning Media,
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.433 71 Systems programs (Education)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:23
Last Modified: 22 Oct 2021 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166612
[thumbnail of JEEHAN ALAMUDI.pdf]
Preview
Text
JEEHAN ALAMUDI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item