Penggunaan Sufiks Teki, Ka, Dan Sei Dalam Koran Online Suka Suki Volume 1-18

Amalia, Anita Putri (2018) Penggunaan Sufiks Teki, Ka, Dan Sei Dalam Koran Online Suka Suki Volume 1-18. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sufiks merupakan kata imbuhan yang berada diakhir kata. Ada banyak macam sestubiji salah satunya adalah hinshi tanka yang merupakan kata imbuhan yang dapat mengubah kelas kata pada kata dasar yang dilekati oleh imbuhan tersebut. Akhiran yang termasuk hinshi tanka yang difokuskan dalam penelitian ini adalah Teki, Ka, dan Sei. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna pasangan kanji yang dilekati oleh sufiks teki, ka dan sei dalam koran Suka Suki vol 1-18 dan mendeskripsikan sufiks teki, ka dan sei dalam koran Suka Suki vol 1-18 dapat saling bersubsitusi atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam koran online Suka Suki Volume 1-18. Analisis data akan peneliti klarifikasikan dengan kosa kata yang terdapat di kamus Kenji Matsuura dengan menyesuaikan teori yang ditulis oleh Kanno (1993). Dari hasil analisis pada penelitian ini ditemukan 17 data sufik yang digunakan dalam koran online Suka Suki Volume 1-18. Terdapat 13 penggunakan sufik teki yaitu ippanteki, sekkyoukuteki, heikinteki, kihonteki, risouteki, gutaiteki, jissenteki, daihyouteki, seiryokuteki, senmonteki, gijutsuteki, attouteki, dan saikinteki. Terdapat 2 penggunaan sufik ka yaitu kasseika dan koreika. Terdapat 2 penggunaan sufik sei yaitu kanousei dan seisansei. Dari 17 data yang ditemukan terdapat 7 kata jadian yang dapat disubstitusikan yaitu ippanteki menjadi ippanka, sekkyoukuteki menjadi sekkyoukusei, heikinteki menjadi heikinka, risouteki menjadi risouka, gutaiteki menjadi gutaika, senmonteki menjadi senmonka, dan seisansei menjadi seisanteki.

Other obstract

接尾辞は言葉の最後にある言葉である。接尾辞は多く、接尾辞の中に品詞転換がある。品詞転換は単語クラスを変更する。接尾辞の品詞転換は「的」.「化」.「性」がある。本研究では「的」.「化」.「性」の付いた漢字の意味を記述し、新聞の「的」.「化」.「性」の接尾辞の入れ替えができるかどうかを調べた。 本研究では質的な記述の方法を使用した。データソースは『Suka Suki』第1から第18まで使用する。カンノの理論で調整する。 結果は17データを使用し、接尾辞の「的」は13がある。それは、一般的、積極的、平均的、基本的、理想的、具体的、実践的、代表的、精力的、専門的、技術的、圧倒的、最終的がある。接尾辞の「化「は2がある。それは、活性化と高齢化がある。接尾辞の「性」は2がある。それは、可能性と生産性がある。17データの中で7データが入れ替えられる。それは、一般的は一般化になった、積極的は積極性に、平均的は平均化に、理想的は理想化に、具体的は具体化に、専門的は専門化に、生産性は生産的になった

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/293/051806654
Uncontrolled Keywords: Imbuhan, Kanji, Morfem, Sufiks
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:23
Last Modified: 26 Apr 2022 02:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166524
[thumbnail of Anita Putri Amalia.pdf] Text
Anita Putri Amalia.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item