Kesalahan Pemahaman Perubahan Gramatika “ I-Keiyoushi ” Dan ” Na-Keiyoushi ” Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2017 Universitas Brawijaya

Astari, Indri Novalita (2018) Kesalahan Pemahaman Perubahan Gramatika “ I-Keiyoushi ” Dan ” Na-Keiyoushi ” Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2017 Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pemahaman perubahan gramatikal “ i-keiyoushi ” dan “ na-keiyoushi ” dengan tepat. Kesalahpahaman dalam perubahan kata sifat menyebabkan banyak pembelajar yang melakukan kesalahan dalam merubah kata sifat menjadi bentuk yang semestinya. Sehingga peneliti menetapkan judul “ Analisis Kesalahan Pemahaman Gramatikal “ i-keiyoushi ” dan “ na-keiyoushi ” pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2017 Universitas Brawijaya ”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan perubahan kata sifat serta untuk mengetahui penyebab kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif.Sumber data penelitian berupa kesalahan perubahan kata sifat yang diperoleh dari instrumen tes dan angket.Instrumen tes dan angket dikerjakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2017 Universitas Brawijaya sebagai responden.Selanjutnya, instrumen tes dan angket dianalisis berdasarkan jenis kesalahan serta penyebab kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang ditemukan adalah pada bentuk positif i-keiyoushi sebanyak 21,2% kesalahan &na-keiyoushi sebanyak17,5% kesalahan, bentuk positif lampau i-keiyoushi sebanyak 11,6% kesalahan &na-keiyoushi sebanyak 35% kesalahan, bentuk negatif i-keiyoushi sebanyak 23,3% kesalahan &na-keiyoushi sebanyak 10,6% kesalahan, bentuk negatif lampau i-keiyoushi sebanyak 11,2% kesalahan &na-keiyoushi sebanyak 33,7% kesalahan, dan bentuk sambung i-keiyoushi sebanyak 46,2% kesalahan &na-keiyoushi sebanyak 30% kesalahan. Sedangkan faktor penyebab kesalahan karena terpengaruh bahasa yang terlebih dulu dikuasai sebanyak 21,2%, kekurangpahaman terhadap bahasa yang dikuasai sebanyak 53,7%, dan pengajaran bahasa yang kurang tepat atau kurang sempurna sebanyak 25%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang sering terjadi terletak pada i-keiyoushi bentuk sambung (46,2%) dan na-keiyoushi bentuk positif lampau (35%). Penyebab kesalahan utama adalah kekurangpahaman terhadap bahasa yang dikuasai (53,7%). Saran bagi pengajar dan pembelajar bahasa jepang adalah lebih memahami lagi lebih dalam mengenai perubahan bentuk keiyoushi. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan peneliti membuat analisa mengenai kesalahan lain yang dilakukan oleh mahasiswa dalam materi mengenai kata sifat.

Other obstract

この研究の背景には、「い-形容詞 と な-形容詞」の文法的な変化を的確に理解することが必要です。形容詞の変更の誤解は、多くの 学習者が形容詞を適切 な形に変更する間違いを引き起こします。そこで、研究者は、日本語教育学生2017ブラウィジャヤ大学における「文脈理解ミリアンペアの分析」と「語学教育」のタイトルを設定した。本研究の目的は、形容詞の変化の種類を知り、その原因を知ることである。 この研究では、記述的定量的方法を用いている。テスト機器とアンケートから得られた形容詞の変化の形での研究データのソース。試験機器とアンケートは、2017年のブラウィジャヤ大学の日本語教育科の学生が回答者として行われます。さらに、テストおよびアンケート機器は、エラーのタイプおよびエラーの原因に基づいて分析されます。 結果は、エラーが正の形の い-形容詞 で21.2%のエラーと な-形容詞で17.5%のエラー、過去の正の形式 い-形容詞で11.6%のエラー& な-形容詞35%のエラー、負のフォーム い-形容詞23.3%の間違いと な-形容詞10.6%のエラー、過去の負のフォーム い-形容詞11.2%のエラーと な-形容詞33.7%のエラー、い-形容詞は46.2%の間違いおよび な-形容詞は30%の間違いである。エラー要因の原因は、最初に言語に影響を与えたのは21.2%でしたが、53.7%で制御される言語の理解が不足していて、言語教育の精度が25%もそれほど正確ではありませんでした。 データ分析の結果によると、最も頻繁に起こるエラーは、i型養生形態(46.2%)と昔の養生形態(35%)であると結論付けることができる。このエラーの主な原因は、制御された言語の理解不足(53.7%)である。日本語の教師や学習者のための提案は、形容詞形式の変化についてより深く理解することです。。さらなる研究のために、研究者は、形容詞 に関する教材の中で生徒によってなされた他の間違いについて分析することが望まれる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/310/051806671
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Keiyoushi, Kata Sifat, Bahasa Jepang
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Sep 2019 04:07
Last Modified: 20 Apr 2022 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166451
[thumbnail of Indri Novalita Astari.pdf] Text
Indri Novalita Astari.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item