Analisis Diksi Kumpulan Puisi Malam Stanza Dan Blues Untuk Bonnie Karya W.S.Rendra

Agustini, Windi (2018) Analisis Diksi Kumpulan Puisi Malam Stanza Dan Blues Untuk Bonnie Karya W.S.Rendra. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menganalisis puisi seharunya mempertimbangkan langkah dan analisis yang tepat. Namun pada kenyataannya, dalam menganalisis puisi seringkali menggunakan langkah dan analisis yang salah. Oleh karena itu diperlukan langkah dan analisis yang konkret serta lengkap agar makna yang terdapat didalam puisi dapat dipahami secara keseluruhan. Analisis struktural pada sebuah puisi merupakan satu langkah lengkap untuk mengetahui unsur-unsur yang terdapat didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu proses penelitian yang bentuk datanya merupakan kata lisan ataupun tulisan. Penelitian ini juga bermaksud memahami fenomena baik secara langsung maupun tidak. Permasalahan penelitian ini mengulas mengenai analisis diksi yang terdapat dalam kumpulan puisi Blues untuk Bonnie karya W.S.Rendra. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari pilihan kata yang digunakan penyair, setiap puisi yang dianalisis masing-masing memiliki kata yang berbeda untuk menyampaikan makna pada puisi. Diksi atau pilihan kata yang digunakan penyair lebih banyak menggunakan kata yang vulgar dan menggunakan kata yang lebih kasar dan berani. Puisi Blues Untuk Bonnie ini lebih banyak menceritakan tentang kehidupan seorang perempuan malam.

English Abstract

To analyze poetry should be considering his proper and analysis .But in fact , in the following analysis of poetry frequently use the wrong steps and analysis .Therefore the right steps are needed and analysis for complete that revealed the inside poem can be understood at all .Structural analysis on a poem constituting a single step complete to know there are elements in it. The qualitative method was used in the study which is the process of research that the form of the data is verbal or writing .The research also mean to understand the phenomenon of both directly and indirectly .The problems of this research analysis reviewed about diction that was found in a collection of poetry blues for bonnie by w.s.rendra. The result of this research can be seen from choice of used poet, any poem that are analyzed both are have different words to deliver meaning on the poetry. The diction or choice of words the poet uses uses more vulgar words and uses more rude and bold words. The poet tells more about the life of the women of the night.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/296/051806657
Uncontrolled Keywords: Dictionary, Poetry, Malam Stanza dan Blues For Bonnie
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.1 Rhetoric of poetry
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:24
Last Modified: 18 May 2022 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166448
[thumbnail of Windi Agustini.pdf] Text
Windi Agustini.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item