Herlina, Iga Widya (2018) Peran Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Di Sma Panjura Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Guru merupakan salah satu komponen penentu keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu menjadi seorang guru tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan kesabaran yang sangat tinggi, ketelatenan, dan pengetahuan yang cukup dalam menjalankan profesi ini. Secara umum pendidikan terpusat dari tiga lingkungan yaitu sekolah, keluarga, dan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengadakan studi tentang peran guru dalam proses pembelajaran bahasa jepang di sma panjura malang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah mixed method yaitu penelitian kombinasi, menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan siswa dan guru bahasa jepang sebagai objek penelitian. Kemudian siswa diberikan angket pernyataan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap peran guru selama proses pembelajaran dan guru yang bersangkutan menggunakan metode wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peran guru dalam proses pemebelajaran sangat berpangaruh terhadap proses belajar siswa. Hal ini sesuai dengan hasil angket siswa yang menunjukkan 86,578% atau 80% siswa menyatakan bahwa peran guru sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran begitupun dengan hasil wawancara yaitu : (1) guru selalu mendidik dan mengajar (2) guru mampu menjadi mediator dan fasilitator, (3) guru selalu membimbing, (4) guru selalu memotivasi siswa (5) guru mampu membuat inovasi dalam pembelajaran, (6) guru mampu menjadi peneliti,(7) guru mampu menjadi demonstrator, (8) guru mampu mengelola pembelajaran, (9) guru selalu menjadi sumber belajar, (10) guru mampu menjadi pemimpin, (11) guru mampu menjadi pendorong kreatifitas, (12) guru mampu menjadi orang tua dan teladan, (13) guru mampu membawakan cerita, (14) guru mampu menjadi pekerja rutin, (15) guru mampu menjadi emansipator, (16) guru mampu menjadi evaluator.
Other obstract
教師というのは子供の教育に成功の行列式である。それで、先生になることが難しいである。患者、知識、骨の折れるはずだ。教育の三つ環境がある、それは学校で、家族で、コミュニティである。それに基づいて、研究者がパンジュラ高校に日本語学習過程に教師の子育てについて研究する。 この研究は定量で定性分析である。研究の対象として学生と先生である。先生にインタビュうと学生にアンケートを使用した。 本研究の結果は学習過程に教師の子育てが学生に対する影響力することができる。それは学生のアンケートという結果を見ると、86,578%が「教師の子育ては学習過程に影響力することができる」と答えることが分かる。さらに、インタビュうの結果 は、1)先生が教育することだし、2)メディエーターとファシリテーターになることだし、3)教えることだし、4)動機づけることだし、5)学習に革新を行えることだし、6)研究者になることだし、7)論証者になることだし、8)学習を管理できることだし、9)学習のリソースになることだし、10)リーダーになることだし、11)創造性のドライバーになることだし、12)典型的な人と両親になることだし、13)物語をもたられることだし、14)正社員になることだし、15)解放者になることだし、16)評価者になることで
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2018/257/051806618 |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Pembelajaran Bahasa Jepang |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 04:26 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 08:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166406 |
Text
Iga Widya Herlina.pdf Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |