Analisis Penerapan Lintas Budaya Dalam Kegiatan Negosiasi Bisnis Pada Perusahaan Multinasional (Studi Pada PT. Aerofood Indonesia unit Denpasar)

Salsabila, Khansa Sanchia (2018) Analisis Penerapan Lintas Budaya Dalam Kegiatan Negosiasi Bisnis Pada Perusahaan Multinasional (Studi Pada PT. Aerofood Indonesia unit Denpasar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Aerofood Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyedia katering makanan dan minuman untuk pesawat terbang (Inflight catering service) yang berada dibawah naungan PT. Garuda Indonesia. Visi perusahaan yaitu menjadi penyedia jasa makanan dan layanan berkualitas premium di Asia Tenggara, dan telah mengumpulkan pelanggan dari berbagai belahan dunia untuk ditangani perbekalan pesawatnya. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan memahami penerapan lintas budaya dalam proses negosiasi bisnis pemasaran internasional pada PT. Aerofood Indonesia unit Denpasar, (2) Mengetahui dan memahami hambatan lintas budaya dalam proses melakukan negosiasi bisnis pemasaran internasional PT. Aerofood Indonesia unit Denpasar, (3) Mengetahui dan memahami strategi yang diterapkan PT. Aerofood Indonesia pada saat negosiasi bisnis pemasaran internasional dengan pendekatan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa faktor keinginan untuk tumbuh dan berkembang serta mempertahankan konsistensi perusahaan dalam menyajikanan makanan dan minuman untuk pesawat terbang yang sesuai dengan standar internasional ISO 22000, ISO 9001, serta sertifikasi Halal MUI. Serta proses produksi yang disesuaikan dengan standar internasional yaitu standar HACCP (Hazzard Analytical Critrical Control Point ). Dengan menyediakan katering berstandar internasional maka PT. Aerofood Indonesia akan mampu bersaing dengan kompetitor lain dan dapat menunjukkan eksistensinya di dunia katering pesawat terbang di dalam negeri maupun di luar negeri. Serta penerapan lintas budaya yang dilakukan pada saat negosiasi bisnis dapat menunjang kemajuan perusahaan dan hubungan dengan pelanggannya. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu PT. Aerofood Indonesia unit Denpasar telah berhasil menjadi perusahaan inflight catering service yang cukup terkenal dikalangan maskapai penerbangan internasional dan dipercaya untuk menangani katering makanan dan minuman pesawat terbang berskala internasional. Serta penerapan lintas budaya pada negosiasi bisnis pemasaran internasional PT. Aerofood Indonesia dapat menjadi nilai tambah sebagai brand image perusahaan di mata pelanggan dan telah dijabarkan melalui ketujuh indikator unsur-unsur budaya dan juga PT. Aerofood Indonesia unit Denpasar telah menerapkan unsur-unsur tersebut dengan baik dengan strategi yang telah diterapkan melalui penjabaran analisis SWOT demi kepentingan dan keberhasilan negosiasi tersebut serta memiliki tujuan yang jelas sesuai visi dan misi perusahaan agar dapat bersaing pada skala internasional.

English Abstract

PT. Aerofood Indonesia is a company engaged in the field of food and beverage catering service provider for aircraft (Inflight catering service) under the auspices of PT. Garuda Indonesia. The company's vision is to become a premium quality food and service provider in Southeast Asia, and has collected customers from various parts of the world to handle its aircraft supplies. The purpose of this study are (1) Knowing and understanding cross-cultural application in the process of negotiation of international marketing business at PT. Aerofood Indonesia unit Denpasar, (2) Knowing and understanding cross cultural barriers in the process of negotiating international marketing business PT. Aerofood Indonesia unit Denpasar, (3) Know and understand the strategy applied by PT. Aerofood Indonesia at the time of negotiation of international marketing business with SWOT analysis approach (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat). The type of this research is descriptive by using qualitative approach. The results of this study provide the fact that the desire factor to grow and develop and maintain the company's consistency in serving food and beverages for aircraft in accordance with international standards ISO 22000, ISO 9001, and Halal MUI certification. And the production process is adjusted to the international standards of the HACCP standard (Hazzard Analytical Critrical Control Point). By providing international standard catering PT. Aerofood Indonesia will be able to compete with other competitors and can show its existence in catering world airplanes both domestically and abroad. As well as cross-cultural implementation conducted during business negotiations can support the company's progress and relationships with its customers. The conclusion obtained in this research is PT. Aerofood Indonesia Denpasar unit has succeeded in becoming an inflight catering service company well known among international airlines and trusted to handle international airplane food and beverage catering. As well as cross-cultural application on international marketing business negotiations PT. Aerofood Indonesia can be added value as a brand image of the company in the eyes of customers and has been described through the seven indicators of cultural elements and also PT. Aerofood Indonesia Denpasar unit has implemented these elements well with the strategies that have been implemented through the explanation by SWOT analysis for the interests and success of the negotiation and has a clear goal in accordance with the vision and mission of the company to be able to compete on an international scale.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/765/051809277
Uncontrolled Keywords: Negosiasi lintas budaya, pemasaran internasional, pengembangan bisnis Cross-cultural negotiation, international marketing, business development
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Nov 2019 02:33
Last Modified: 16 Oct 2021 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166373
[thumbnail of Khansa Sanchia Salsabila.pdf] Text
Khansa Sanchia Salsabila.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (19kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (8kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item